Sukses

3 Keutamaan Akikah yang Bakal Anak Dapat

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu cara bersyukur pada Allah SWT karena memperoleh seorang anak adalah dengan melangsungkan akikah.

Akikah, seperti dikutip dari situs DalamIslam, memotong kambing dalam rangka mensyukuri kelahiran buah hati tercinta yang dilakukan pada hari ketujuh dari kelahirannya. Hal ini sebagai pengamalan terhadap sunnah Nabi Muhammad SAW.

Banyak hadits yang meriwayatkan tentang akikah saat mendapatkan anak. Salah satunya dari Sulaiman ibn Amir Adh Dhaby radluyallahu Anhu berkata:

Rasulullah saw bersabda “Anak yang baru lahir hendaknya diaqiqahi, alirkanlah darah (sembelihlah kambing) dan hilangkanlah kotoran serta penyakit yang menyertai anak tersebut (cukurlah rambutnya).” (H. R. Bukhori dalam shahihnya secara mu’allaq (tanpa menyebutkan sanad) dan Thahawi menilai hadits itu sebagai hadits maushul. Hadits itu juga diriwayatkan oleh Ahmad, Abu Daud, dan Turmudzi).

Akikah memang bersifat sunnah. Sangat dianjurkan dilakukan oleh orangtua jika anaknya lahir ke dunia. Menyembelih satu kambing untuk perempuan dan menyembelih dua kambing untuk anak laki-laki.

Namun, terlepas dari itu semua, ada beberapa keutamaan dari akikah yang bakal anak dapat.

 

 

2 dari 4 halaman

Akikah Bisa Mendapatkan Pahala

Melaksanakan sunnah Rasul jadi salah satu cara menunjukkan kalau kita mencintai Nabi Muhammad dan mencintai Islam.

Mengapa demikian? Karena semua sumber dasar Islam ada pada Alquran dan sunnah. Melaksanakan sunnah, insyaallah mendapatkan pahala dan keberkahan, baik untuk orangtua maupun bayi yang diakikahkan.

 

3 dari 4 halaman

Akikah Menghilangkan Kotoran dan Penyakit pada Anak

Akikah juga disertai dengan mencukur rambut bayi dengan niat menghilangkan kotoran dan penyakit. Niat baik ini sangat penting, berupa permohonan kepada Allah SWT agar anak dijauhkan dari penyakit berbahaya termasuk 'kotoran' yang bisa merusak hatinya.

 

4 dari 4 halaman

Akikah Meningkatkan Ibadah kepada Allah

Pada acara akikah biasanya disertai dengan pembacaan ayat-ayat suci Alquran, tahlil dan salawat. Termasuk pemberian tausiyah oleh ustaz atau ustazah. Hal ini membuat pelaksana akikah menjadi meningkatkan ibadahnya.

Penulis : Muthia Nugraheni / Dream.co.id

Loading
Artikel Selanjutnya
Begini Cara Ajarkan Kedisiplinan Sejak Dini
Artikel Selanjutnya
Bahaya Mengeluarkan Air di Telinga dengan Menggoyangkan Kepala Anak