Sukses

Live Report:PELANTIKAN MENTERI KABINET JOKOWI JILID 2

Saran Psikolog agar Si Kecil Tak Rewel Saat Demam

Liputan6.com, Jakarta Demam bisa membuat si kecil menjadi rewel dan tidak tenang. Anak pun bisa saja menangis sehingga membuat ibu pun ikut merasa tidak nyaman.

Ibu pun sedih, tidak tenang dan bingung, apalagi saat si kecil menolak diberikan obat atau pun kompres demam. Psikolog Anak Jovita Ferliana memberikan tips cara menenangkan anak yang rewel saat demam.

"Yang perlu dilakukan sebagai langkah awal adalah menenangkan si kecil agar ibu juga bisa merasa nyaman dan berpikir lebih tenang. Sapa si kecil dengan lembut dan tenang, Berikan sentuhan dan pelukan," jelas Jovita kepada Health Liputan6.com melalui keterangan tertulis, ditulis Senin (16/9/2019).

"Ibu juga bisa mengalihkan perhatian si kecil dari demam dan membuatnya merasa lebih tenang. Contohnya, berceritalah kepada si kecil dan mengajaknya membuat cerita sendiri dengan karakter dan gambar."

2 dari 3 halaman

Ajak Anak Bercerita

Jovita melanjutkan, salah satu cara mengalihkan anak dari demam dengan bercerita menggunakan plester kompres demam yang bermotif. Kini sudah ada plester kompres demam yang bermotif kartun, seperti karakter Disney.

“Plester kompres demam dengan karakter Disney bisa bantu menenangkan anak yang demam. Karakter itu biasanya sangat disukai anak-anak sehingga membantu mengalihkan perhatian anak dari demam," ujar Jovita.

"Itu (plester kompres bermotif) bisa digunakan sebagai bahan media untuk bercerita antara anak dan ibu. Aktivitas bercerita dan mengajak anak membuat cerita sendiri juga merupakan salah satu cara mengasah kreativitas yang penting untuk tumbuh kembang si kecil."

3 dari 3 halaman

Simak Video Menarik Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Perlukah Mengompres Anak yang Demam?
Artikel Selanjutnya
Anak Demam, Kapan Harus ke Dokter?