Sukses

Saran Psikolog agar Si Kecil Tak Rewel Saat Demam

Ketika demam, anak bisa saja rewel, intip saran psikolog menangani hal tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Demam bisa membuat si kecil menjadi rewel dan tidak tenang. Anak pun bisa saja menangis sehingga membuat ibu pun ikut merasa tidak nyaman.

Ibu pun sedih, tidak tenang dan bingung, apalagi saat si kecil menolak diberikan obat atau pun kompres demam. Psikolog Anak Jovita Ferliana memberikan tips cara menenangkan anak yang rewel saat demam.

"Yang perlu dilakukan sebagai langkah awal adalah menenangkan si kecil agar ibu juga bisa merasa nyaman dan berpikir lebih tenang. Sapa si kecil dengan lembut dan tenang, Berikan sentuhan dan pelukan," jelas Jovita kepada Health Liputan6.com melalui keterangan tertulis, ditulis Senin (16/9/2019).

"Ibu juga bisa mengalihkan perhatian si kecil dari demam dan membuatnya merasa lebih tenang. Contohnya, berceritalah kepada si kecil dan mengajaknya membuat cerita sendiri dengan karakter dan gambar."

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ajak Anak Bercerita

Jovita melanjutkan, salah satu cara mengalihkan anak dari demam dengan bercerita menggunakan plester kompres demam yang bermotif. Kini sudah ada plester kompres demam yang bermotif kartun, seperti karakter Disney.

“Plester kompres demam dengan karakter Disney bisa bantu menenangkan anak yang demam. Karakter itu biasanya sangat disukai anak-anak sehingga membantu mengalihkan perhatian anak dari demam," ujar Jovita.

"Itu (plester kompres bermotif) bisa digunakan sebagai bahan media untuk bercerita antara anak dan ibu. Aktivitas bercerita dan mengajak anak membuat cerita sendiri juga merupakan salah satu cara mengasah kreativitas yang penting untuk tumbuh kembang si kecil."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.