Sukses

Hasil Tes Keluar, Kim Kardashian Positif Lupus

Tangis Kim Kardashian tak bisa ditahan saat hasil tes darah menunjukkan menunjukan antibodi positif lupus dan rheumatoid arthritis.

Liputan6.com, Jakarta Air mata Kim Kardashian mengalir deras usai dokter memberi tahu bahwa antibodi tubuhnya positif terhadap lupus. Selain itu, hasil tes menunjukkan dirinya positif rheumatoid arthritis.

Kabar tak menyenangkan itu terekam dalam episode pertama di musim terbaru reality show Keeping Up With The Kardashian.

"Antibodi tubuhmu positif lupus dan rheumatoid arthrititis," kata dokter Daniel Wallace lewat sambungan telepon.

Namun, Wallace mengatakan bahwa antibodi tubuh positif terhadap lupus tapi tidak berarti Kim menderita penyakit itu, "Terkadang hasil tes bisa positif palsu saat skrining.

"Dijelaskan oleh dokter Brad Rovin dari The Ohio University Wexner Medical Center juga mengatakan hal serupa. "Hasil tes positif terhadap antiobodi terkait lupus tidak berarti Anda sakit penyakit itu."

"Sesudah melakukan tes antibodi hasilnya bisa positif palsu, ada banyak orang dengan antibodi dengan level rendah dan tidak terkena penyakit itu," kata Rovin lagi seperti dikutip laman Refinery29.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kim Tetap Takut

Penyakit lupus diketahui setelah ia menjalani empat tes. Sementara, penyakit rheumatoid arthritis diketahui setelah dia menjalani tes karena sebelumnya dia merasa tangan dan persendiannya nyeri.

"Aku memikirkan hal-hal terburuk yang mungkin terjadi. Jadi selama beberapa hari ke depan rasanya begitu berat.... Membayangkan apa yang akan terjadi dan cara mengobatinya," tutur Kim dalam acara tersebut seperti dikutip News Au.

"Itu benar-benar menakutkan ketika berpikir bahwa hal ini akan mengubah hidupku," tutur istri rapper Kanye West ini.

Menurut Lupus Foundation of America, lupus adalah penyakit autoimun yang dapat menyerang bagian tubuh mana pun, termasuk persendian, kulit, ginjal, dan paru. Perbedaannya dengan rheumatoid arthritis adalah penyakit autoimun ini menyerang sendi dan menyebabkan peradangan, nyeri, serta pembengkakan.

"Skrining dilakukan ketika seseorang memiliki dugaan penyakit autoimun, seperti lupus atau rheumatoid arthritis. Tes ini juga dapat dilakukan untuk orang yang sehat," ucap Natalie Azar, rheumatologist di NYU Langone Medical Center, AS.

Kim telah menjadwalkan lebih lanjut pertemuan dengan dokter, walaupun rasa takut masih tetap muncul.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Kim Kardashian adalah artis yang terkenal dengan acara televisi The Kardashians yang menceritakan kehidupan pribadi keluarganya.
    Kim Kardashian adalah artis yang terkenal dengan acara televisi The Kardashians yang menceritakan kehidupan pribadi keluarganya.

    Kim Kardashian

  • Lupus merupakan penyakit peradangan kronik yang terjadi karena sistem daya tahan tubuh seseorang menyerang sel dan jaringan tubuhnya sendiri

    Lupus