Sukses

Lula Kamal Semangati Ibu Baru Melahirkan untuk Memberikan ASI

Jika ASI keluar hanya sedikit, Lula menyarankan untuk tetap menyusui sang anak.

Liputan6.com, Jakarta Presenter yang juga dokter, Lula Kamal, mengatakan agar ibu-ibu muda yang baru melahirkan tak perlu cemas bila air susu ibu (ASI) tak keluar.

"Payudara itu organ ajaib, makin dihisap makin keluar dan produksi. Kalau kurang, susuin lagi, makin dikenyot makin keluar. Bukan kurang (jadi) enggak menyusui," kata Lula.

Jika di awal-awal menyusui ASI yang keluar masih sedikit, tidak masalah. Bagi bayi baru lahir satu-dua tetes ASI sudah cukup.

Bila usai menyusui mengalami lecet puting, biasanya karena cara menyusui yang kurang tepat. Penting untuk berkonsultasi dengan konselor laktasi serta mencari posisi serta pelekatan yang tepat.

"Itu karena masukinnya enggak betul, semuanya puting (areola) yang hitam itu di payudara masukin," kata Lula saat ditemui di Balai Kota DKI Jakarta beberapa waktu lalu.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

ASI Cerdaskan Anak

Manfaat ASI memang tak perlu diragukan lagi untuk pertumbuhan dan perkembangan si Kecil. Termasuk memengaruhi kecerdasan si Kecil.

"Kalau anak dikasih ASI lebih cerdas, tidak gemuk, tidak kurus, kecerdasan tujuh angka lebih tinggi kalau IQ," tutur Lula.

Lula mengatakan, ASI rupanya tidak hanya bermanfaat untuk sang anak, ibu juga memperoleh manfaat,. Salah satunya dapat terhindar dari risiko kanker payudara.

"Jadi anak dapat manfaat, ibu juga dapat," kata Lula.

 

Penulis: Muhammad Ilman Nafi'an/Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.