Sukses

Lebih dari 300 Jenis Bakteri Bersarang di Spons Cuci Piring

Liputan6.com, Jakarta Spons cuci piring berfungsi untuk membersihkan sisa-sisa makanan sehingga alat makan menjadi bersih. Namun, jangan salah, ada ratusan bakteri juga yang bersarang di spons cuci piring yang jarang dibersihkan. 

Berdasarkan studi Scientific American di 2017 mengungkap bahwa ada lebih dari 300 jenis bakteri yang ada di spons cuci piring. Berdasarkan laporan NPR, jumlah sebanyak itu sama seperti bakteri yang ada di toilet.

Banyaknya bakteri yang ada di spons cuci piring karena menggunakan spons yang sama untuk mencuci beragam peralatan makan. Sehingga, ada banyak kontaminasi bakteri di dalamnya yang mungkin bisa memicu diare seperti dilansir Women's Health, Minggu (25/8/2019).

Berikut saran pendiri Clean Mama, Becky Rapinchuk untuk membersihkan alat itu:

1. Bersihkan spons lalu masukkan ke microwave

Usai membersihkan spons itu, lalu peras. Kemudian masukkan ke microwave selama semenit. Menurut Rapinchuk ini cara sempurna untuk membersihkan kuman yang ada di dalamnya.

Ingat Anda harus memperhatikannya karena spons bisa terbakar.

 

2 dari 3 halaman

2. Pakai Cuka

Ini adalah pilihan alami yang juga mudah yakni menggunakan cuka. Pertama-tama bersihkan spons dari sisa makanan yang menempel. Lalu, peras spons tersebut. Kemudian rendam di wadah berisi cuka. Biarkan selama lima menit sebelum dibilas dan diperas.

Pastikan untuk menggunakan sarung tangan saat melakukannya, karena cuka bisa mengiritasi kulit.

3 dari 3 halaman

Saksikan Juga Video Menarik Berikut

Tragedi Kabut Asap
Loading
Artikel Selanjutnya
Beredar Video Viral Restoran China Cuci Piring Pakai Air Kotor