Sukses

Lebih dari 300 Jenis Bakteri Bersarang di Spons Cuci Piring

Spons cuci piring harus rajin dibersihkan.

Liputan6.com, Jakarta Spons cuci piring berfungsi untuk membersihkan sisa-sisa makanan sehingga alat makan menjadi bersih. Namun, jangan salah, ada ratusan bakteri juga yang bersarang di spons cuci piring yang jarang dibersihkan. 

Berdasarkan studi Scientific American di 2017 mengungkap bahwa ada lebih dari 300 jenis bakteri yang ada di spons cuci piring. Berdasarkan laporan NPR, jumlah sebanyak itu sama seperti bakteri yang ada di toilet.

Banyaknya bakteri yang ada di spons cuci piring karena menggunakan spons yang sama untuk mencuci beragam peralatan makan. Sehingga, ada banyak kontaminasi bakteri di dalamnya yang mungkin bisa memicu diare seperti dilansir Women's Health, Minggu (25/8/2019).

Berikut saran pendiri Clean Mama, Becky Rapinchuk untuk membersihkan alat itu:

1. Bersihkan spons lalu masukkan ke microwave

Usai membersihkan spons itu, lalu peras. Kemudian masukkan ke microwave selama semenit. Menurut Rapinchuk ini cara sempurna untuk membersihkan kuman yang ada di dalamnya.

Ingat Anda harus memperhatikannya karena spons bisa terbakar.

 

Saksikan Juga Video Menarik Berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Pakai Cuka

Ini adalah pilihan alami yang juga mudah yakni menggunakan cuka. Pertama-tama bersihkan spons dari sisa makanan yang menempel. Lalu, peras spons tersebut. Kemudian rendam di wadah berisi cuka. Biarkan selama lima menit sebelum dibilas dan diperas.

Pastikan untuk menggunakan sarung tangan saat melakukannya, karena cuka bisa mengiritasi kulit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.