Sukses

5 Tanda Awal Kehamilan yang Sering Tidak Disadari

Ada beberapa tanda awal kehamilan yang kerap tidak disadari.

Liputan6.com, Jakarta Selain menstruasi yang tak kunjung datang sesuai jadwal, ada beberapa tanda awal kehamilan.

Menurut Lia Moss, seorang bidan dari Northwestern Medicine, Chicago, Amerika Serikat, banyak tanda-tanda kehamilan yang mungkin tidak disadari wanita terutama mereka yang baru pertama kali hamil.

Berikut ini merupakan tanda- tanda tersebut, seperti yang dilansir dari laman Live Science, Minggu (18/8/2019).

1. Perut kembung

Pada minggu awal kehamilan, mungkin wanita belum menunjukan tanda-tanda yang begitu terlihat. Menurutnya gejala yang paling sering terjadi berupa perut kembung, hal ini disebabkan perkembangan hormon progesteron.

2. Suhu tubuh lebih tinggi

Pada masa kehamilan membuat kadar metabolisme tubuh menjadi lebih meningkat, sehingga membuat suhu tubuh lebih panas. Terutama ketika tidur.

 

Saksikan Juga Video Menarik Berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Sering buang air kecil

Ketika usia kehamilan enam minggu hingga trimester pertama wanita akan lebih sering buang air kecil. Frekuensi buang air yang lebih sering terjadi karena ginjal bekerja keras menyaring cairan ekstra yang meningkat saat hamil, seperti peningkatan volume darah. 

4. Sembelit

Sembelit atau konstipasi juga kerap dialami ibu hamil. Hal ini terjadi karena ada peningkatan hormon progesteron yang memperlambat sistem pencernaan sehingga nutrisi bisa mencapi embrio.

5. Nyeri payudara

Menurut Moss, dua minggu setelah pembuahan, wanita akan merasakan nyeri pada payudaranya. Wanita akan merasa payudara lebih kencang dan sensitif. Hal ini terjadi karena peningkatan hormon progesteron dan estrogen, serta peningkatan aliran darah ke payudara.

 

Penulis : Eflien Anggelien

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.