Sukses

Tips dari Dokter Anak untuk Meyakinkan Orangtua Antivaksin

Dokter spesialis anak membagikan tips bagi orangtua untuk meyakinkan orangtua antivaksin untuk melindungi buah hati lewat imunisasi.

Liputan6.com, Jakarta Banyak orangtua merasakan sulitnya meyakinkan segelintir orangtua lain yang antivaksin. Umumnya, orangtua antivaksin itu beralasan tidak tega anaknya jadi sakit atau demam pascavaksinasi.

Menurut dokter spesialis anak konsultan tumbuh kembang FKUI Hartono Gunardi, memang kadang-kadang orangtua sangat khawatir ketika anaknya yang sehat lalu diimunisasi jadi menangis, sedikit demam dan ada bekas suntikan.

"Namun, orangtua perlu tahu bahwa bila anak yang tidak diimunisasi rentan terhadap penyakit infeksi yang berbahaya," kata Hartono dalam Instagram Live Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) pada Kamis (8/8/2019).

Hartono mencontohkan bila anak tidak mendapatkan vaksinasi DPT (Difteri Pertusis Tetanus) lalu terserang penyakit difteri di kemudian hari, penyakit tersebut membuat anak jadi sulit bernapas.  Anak harus segera dibawa ke rumah sakit, dan mungkin perlu mendapatkan serum dari luar negeri agar bisa sembuh.

"Sementara, di luar negeri serum ini sudah sedikit, karena kasusnya sudah sedikit, banyak pabrik serum sudah tutup (tidak memproduksi lagi)," kata Hartono.

Daripada membuka peluang anak berisiko terkena difteri, tentu lebih mudah bila anak mendapatkan imunisasi.

"Jadi, jangan menunggu jatuh sakit, lebih baik diimunisasi," sarannya.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Efek Samping Vaksinasi Ringan

Hartono tidak menampik bahwa usai anak mendapatkan vaksinasi bakal ada reaksi dari tubuh. Seperti menangis, sedikit demam, atau bengkak di bekas suntikan.

"Ada efek samping tapi itu ringan dan sederhana dan akan membaik dalam beberapa hari," katanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.