Sukses

Sontek, 7 Kebiasaan yang Bikin Hubungan Langgeng dan Sehat

Liputan6.com, Jakarta Memiliki hubungan langgeng dengan orang yang dicintai tentu menjadi keinginan semua orang. Tetapi, masih banyak orang yang tidak mengetahui rahasia hubungan yang langgeng dan sehat.

Pakar hubungan dan kencan, Jonathan Bennet, mengatakan bahwa perlu diingat bahwa beberapa hubungan dapat menjadi 'toxic' atau berbahaya dengan seiring waktu.

"Sebagian besar dari hubungan menjadi 'beracun' seiring berkembangnya kebiasaan dan pola negatif. Anda harus bersikap proaktif dalam menjaga hubungan langgeng dan tetap sehat, daripada memperbaiki masalah di masa depan," tutur Jonathan seperti dilansir pada Bustle ditulis Kamis (1/8/2019).

Berikut beberapa cara dan kebiasaan yang bisa Anda terapkan bersama pasangan untuk memelihara kesehatan hubungan.

1. Inisiatif

"Begitu banyak dari kita yang menjalani hari dengan autopilot," tutur Lauren Cook seorang dokter terapi spesialis emosi.

Banyak yang membiarkan hubungan hanya mengalir dan akhirnya banyak masalah dengan mudah masuk ke dalamnya. Tanpa disadari, Anda mulai berhenti memiliki waktu berkualitas bersama pasangan, tidak memperhatikan apa yang dibicarakan.

2. Jangan malu menunjukkan cinta 

"Kita sering mencintai pasanga seperti ingin dicintai. Misalnya, mungkin Anda suka ketika pasangan memasakkan makanan kesukaan, jadi Anda mencoba melakukan lebih banyak pekerjaan rumah tangga untuk pasangan," jelas Lauren.

Meskipun melakukan tugas dapat memperlihatkan rasa cinta Anda, namun bisa jadi pasangan merasa paling dicintai ketika menerima pujian atau sentuhan fisik. Mengetahui bagaimana pasangan ingin dicintai sangat penting untuk memperlihatkan seberapa besar rasa sayang Anda padanya.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

2 dari 3 halaman

3. Bersenang-senanglah

Stres memang bagian dari hidup tetapi jangan biarkan hal itu merusak hubungan Anda. Pastikan untuk bersenang-senang dan menjaga segala sesuatunya tetap ringan, sebagai cara untuk mengatasi segala naik turun kehidupan.

"Sangat penting untuk terus tertawa bersama pasanganmu. Cek egomu dan luangkan waktu untuk bersikap konyol bersama," saran Lauren.

4. Hargai hal-hal kecil

"Banyak hubungan yang berakhir karena kedua pasangan mulai fokus pada hal negatif dalam hubungan dan satu sama lain," kata Jonathan.

Jika ini belum terjadi, biasakanlah untuk memperhatikan hal-hal kecil yang Anda lakukan satu sama lain dan bersyukurlah.

"Dengan bersyukur satu sama lain dan menunjukkannya, Anda menjaga hubungan tetap fokus pada aspek positif dari hidup Anda bersama," tambah Jonathan.

3 dari 3 halaman

5. Miliki Waktu Berkualitas

Banyak pasangan yang terlalu sibuk dengan tugas sehari-hari sehingga melupakan untuk beristirahat dan bersantai serta menghabiskan waktu bersama pasangan seperti disampaikan pakar hubungan, Ariel Sank.

Anda bisa melakukannya dengan membuat sarapan bersama setiap pagi, menonton acara favorit, atau lebih banyak berkencan.

6. Komunikasi terbuka

Memiliki komunikasi terbuka dengan pasangan dapat menyediakan waktu untuk berbicara dari hati ke hati tentang perasaan atau kekhawatiran yang dirasakan. Anda bisa melakukannya di malam hari untuk mengobrol dan curhat tentang pekerjaan dan hari Anda.

"Setiap orang memiliki gaya komunikasi yang berbeda sehingga penting untuk mempelajari dan memahami gaya Anda sendiri serta gaya komunikasi pasangan," jelas Ariel.

7. Bicarakan jika Anda kesal

Alih-alih menunggu pasangan membaca pikiran Anda, lebih baik jujur dan komunikasikan kegelisahan yang dirasakan.

"Jika Anda kesal pada pasangan, memiliki masalah, atau hanya mengalami hari yang buruk, jujurlah tentang perasaan Anda," tutur Jonathan.

Kebiasaan ini sangat sederhana namun dapat menjaga kesehatan hubungan Anda. Hal ini memungkinkan untuk saling mendengarkan dan menjadikan hubungan sebagai prioritas.

 

Penulis: Febrianingsih Alamako