Sukses

4 Hal Sederhana yang Bikin Anak Semangat Sekolah

Pekan pertama anak masuk sekolah perlu juga mendapat dukungan semangat dari orangtua.

Liputan6.com, Jakarta Tahun pelajaran baru dimulai, sebagian besar anak-anak mulai masuk sekolah hari ini. Tentu, sebagai orangtua perlu memberikan dukungan kepada buah hati yang tengah mulai sekolah agar semangat belajar. 

Seperti dilansir dari health.harvard.edu, pengalaman sekolah bisa menjadi hal yang menyenangkan dan menakutkan untuk anak. Ini beberapa tips untuk membantu anak dapat menjalani masa sekolah dengan lancar.

1. Komunikasi

Membicarakan tentang sekolah, persiapan sekolah, bagaimana anak ke sekolah, apa yang akan mereka lakukan, dan bagaimana sekolah akan berakhir dan apa yang terjadi ketika mereka pulang dapat membantu anak yang baru akan pertama kali masuk sekolah. Orangtua harus positif dan mendukung anak bersekolah.

2. Menyiapkan bekal

Tips ini sangat baik untuk anak yang pilih-pilih makanan atau anak yang tidak terbiasa dengan makan bekal. Mencoba membuat bekal dan camilan untuk anak dapat menjadi latihan menyenangkan dan Anda dapat mengetahui selera anak.

 

Saksikan juga video menarik berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Tidur terjadwal

 

Anak biasanya tidur 9 hingga 10 jam setiap malam. Mengetahui berapa lama mereka harus tidur untuk bangun pagi dapat bangun dengan segar dan cepat di pagi hari. Mulai jadwalkan tidur anak setidaknya satu minggu sebelum sekolah sehingga anak dapat menyusaikan diri dengan rutinitas.

4. Mengetahui jadwal sekolah anak

Sangat menyenangkan bisa mengetahui anak mengikuti banyak kegiatan di sekolah, namun orangtua harus ingat bahwa anak juga perlu istirahat dan transisi ke sekolah bisa membuat stres pada anak. Jaga jadwal anak tetap ringan hingga ia mulai terbiasa.

 

Penulis: Febrianingsih Alamako

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.