Sukses

Sering Kentut dan Diare Saat Mendekati Menstruasi, Ini Sebabnya

 

Liputan6.com, Jakarta - Gejala umum yang dialami oleh perempuan ketika mendekati menstruasi adalah kram, nyeri payudara, dan sakit perut. Selain itu, ada juga yang lebih sering kentut hingga diare begitu datang bulan.

Dokter kandungan dan ginekologi dari Texas, Heather Bartos, mengatakan, penyebab dari kondisi ini lantaran selama beberapa minggu sebelum menstruasi, hormon progesteron menghambat proses pencernaan. Sehingga ketika datang bulan itu tiba, baru semuanya dikeluarkan.

Untuk kentut yang terjadi saat Anda menstruasi, dipengaruhi oleh senyawa yang disebut prostaglandin. Menurut Heather, senyawa ini membuat usus bergerak sehingga menyebabkan kentut dan buang air besar.

Ana Tuyama, ahli pencernaan di Westmed Medical Group di New York mengatakan, "Dalam saluran pencernaan, prostaglandin dapat menyebabkan kontraksi otot polos yang menyebabkan peningkatan rasa sakit pencernaan, distensi, dan kadang-kadang diare."

 

2 dari 2 halaman

Kentut Berbau Busuk Saat Menstruasi

 

Kentut bukan berarti ada yang salah dengan kesehatan Anda, bahkan jika mereka berbau busuk. Ana menjelaskan bahwa bau gas merupakan hasil fermentasi dari bakteri dari makanan di usus besar.

Bau gas sering dihubungkan dengan makanan kaya serta yang mencakup makanan tinggi sulfur, bahkan banyak saturan tersehat masuk dalam kategori itu.

Heather menyarankan untuk mengonsumsi sebagian besar makanan utuh yang belum diproses menjelang masa menstruasi. Nabati cenderung dicerna lebih baik oleh sistem pencernaan, sehingga dapat mengurangi bau pada gas sebelum menstruasi. Kacang dan kol tidak disarankan karena dapat memperburuk situasi.

Penulis: Febrianingsih Alamako

Loading
Artikel Selanjutnya
6 Tahun Mengira Kejang karena Menstruasi, Wanita Ini Ternyata Alami Kanker Otak
Artikel Selanjutnya
Jangan Tahan Bersin hingga Kentut, 7 Kebiasaan Sepele Ini Ternyata Berbahaya