Sukses

5 Tanda Kehamilan yang Seringkali Tidak Disadari

Inilah tanda-tanda kehamilan yang perlu Anda tahu

 

Liputan6.com, Jakarta Biasanya kehamilan baru disadari ketika haid sudah telat atau muncul mual dan sakit kepala. Pada saat tersebut, kandungan bisa saja sudah berumur empat minggu.

Sejak awal kehamilan, tubuh sebenarnya memunculkan 'alarm', tapi sering tak disadari. Sebagian besar mereka yang hamil menganggapnya hanya keluhan flu ringan.

Agar lebih peka pada perubahan tubuh, terutama jika menanti kehamilan, perhatikan tanda-tanda berikut. Jika mengalaminya, bisa jadi sedang berbadan dua.

1. Mimisan

Banyak ibu mengalami mimisan selama kehamilan. Ini adalah efek dari peningkatan hormon, yaitu melebarkan pembuluh darah di hidung yang dapat meningkatkan risiko mimisan. Gusi berdarah adalah efek samping yang serupa. Jadi, jangan kaget ya.

2. Makanan terasa seperti besi

Juga dikenal sebagai dysgeusia, perubahan sensorik ini muncul di trimester pertama dan bakal hilang dengan sendirinya. Perubahan hormon membuat kondisi sensorik jadi lebih sensitif dan membuat tak nafsu makan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tanda-Tanda Kehamilan

3. Buang air kecil di pagi hari sangat sering

Tidak bisa melewati pagi tanpa perlu buang air kecil? Ini bisa menjadi pertanda hamil. Rahim akan membesar dan memberi tekanan pada kandung kemih. Lama kelamaan, akan muncul keinginan buang air kecil lebih sering.

4. Area sekitar puting jadi lebih hitam

Selama kehamilan, areola atau bagian hitam di sekitar puting akan lebih hitam. Hal ini karena hormon. Begitu juga ukurannya akan semakin besar dan melebar.

5. Lendir hidung lebih banyak dari biasanya

Saat bangun, hidung terasa banyak lendir dari biasanya. Produksi lendir memang bakal meningkat karena tubuh seperti membuat pertahanan yang lebih berlapis untuk menjaga kehamilan.

Penulis : Mutia Nugraheni / Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini