Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Wajib Tahu, 8 Penyebab Penis Terasa Sakit (1)

Berbagai rasa sakit ini bisa menandakan masalah kesehatan pada penis. Apa saja penyebab perasaan tidak nyaman pada alat kelamin pria itu?

Liputan6.com, Jakarta Bagi pria, penis merupakan salah satu organ tubuh yang paling dijaga. Sakit sedikit saja pasti membuat seseorang cemas.

Ada baiknya Anda mengetahui beberapa penyebab penis terasa sakit. Melansir Men's Health pada Rabu (5/6/2019), berikut ini beberapa masalah yang bikin alat kelamin pria terasa tidak nyaman.

1. Ujung Penis Terasa Sakit

Apabila Anda merasakan sakit yang membakar atau tajam di ujung penis, ada beberapa hal yang mungkin jadi penyebabnya.

Tobias Kohler, urolog di Memorial Medical Center di Springfield, Illinois, Amerika Serikat, mengatakan penyebab paling ringan adalah masuknya sabun ke dalam lubang di ujung penis. Masalah ini biasanya bisa hilang ketika Anda buang air kecil.

Di sisi lain, jika rasa sakit itu tidak hilang dalam dua hari, ini bisa menjadi pertanda infeksi menular seksual. Cara untuk melihatnya adalah dengan memperhatikan apabila ada cairan berwarna hijau atau putih.

Kohler mengatakan, penyebab lain yang mungkin terjadi adalah batu ginjal. Kondisi ini biasanya disertai dengan rasa sakit di perut bagian bawah.

Solusinya adalah, jika Anda mengalami rasa sakit selama beberapa hari dan tidak mereda, kunjungi dokter dengan segera.

Simak juga video menarik berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Skrotum Terasa Sakit

Rasa sakit bisa muncul pada skrotum, ketika mengangkat beban berat atau berdiri untuk waktu yang lama. Biasanya, perasaan tersebut akan mereda ketika Anda berbaring.

Kohler mengatakan, kemungkinan penyebabnya adalah varikokel atau pembesaran pembuluh darah dalam skrotum yang membuat testis memanas dan menyebabkan nyeri.

"Banyak orang menggambarkan ini sebagai cacing biru dalam kantung mereka," kata Kohler.

Masalah semacam ini, bisa merusak kemampuan pria untuk memproduksi sperma dan testosteron. Masalah semacam ini hanya bisa diselesaikan dengan prosedur operasi. Meskipun, Anda tidak perlu pergi ke ruang gawat darurat.

3 dari 4 halaman

3. Ereksi Terasa Sakit

Kohler mengatakan, dalam ereksi yang sehat, darah yang masuk dan keluar penis haruslah mengalir dengan baik.

Darah yang terperangkap dalam penis akibat priapisme atau masalah dengan aliran darah keluar, menyebabkan rasa sakit yang tidak hilang dan tidak tertahankan. Kohler mengungkapkan, ini biasanya terjadi ketika pria mencampurkan obat disfungsi ereksi dengan obat-obatan terlarang seperti kokain atau ekstasi.

Priapisme juga bisa terjadi karena obat disfungsi ereksi yang disuntukkan langsung ke penis. Maka dari itu, cara ini tidaklah dianjurkan.

"Itu mungkin terjadi tanpa alasan sama sekali," tambah Kohler.

Untuk mengatasinya, Anda harus segera pergi ke unit gawat darurat secepatnya.

4 dari 4 halaman

4. Testikel Terasa Sakit

Beberapa orang mungkin mengalami rasa sakit di testis yang sulit hilang dan disertai mual atau muntah.

Kohler mengatakan, hal mungkin terjadi karena adanya perputaran pada skrotum yang memutus aliran darah dan oksigen yang diperlukan agar testis tetap sehat. Dia menambahkan, ini seperti terkena serangan jantung pada testis.

Kondisi ini disebut dengan torsi testis. Jika dibiarkan, masalah kesuburan bisa terjadi. Yang paling parah, seseorang bisa kehilangan testis karena ini.

"Jika Anda bisa mengatasinya dalam 4 sampai 6 jam, Anda masih bisa menyelamatkannya. Namun setelah 12 hingga 24 jam, Anda bisa kehilangan itu," kata ahli urologi, Jon Pryor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.