Sukses

Biar Libido Tidak Loyo, Hindari Konsumsi 6 Makanan Ini Berlebihan

Agar gairah seks atau libido tidak menurun, sebaiknya hindari memakan beberapa jenis makanan ini berlebihan. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta Gairah seks juga dipengaruhi oleh gaya hidup dan apa yang dimakan sehari-hari. Untuk itu, agar libido tetap terjaga, sebaiknya cukupi asupan nutrisi dengan baik.

Namun, ada beberapa makanan yang sebaiknya jangan dikonsumsi berlebihan. Hal ini karena beberapa produk-produk tersebut bisa menurunkan gairah seks seseorang.

Dilansir dari Reader's Digest pada Jumat (24/5/2019), hindari mengonsumsi beberapa makanan berikut ini secara berlebihan agar libido Anda tidak menurun drastis.

1. Makanan Berbasis Kedelai

Anda tidak perlu puasa makanan yang terbuat dari kedelai agar libido tetap terjaga. Namun, perhatikan porsi yang dikonsumsi.

Sebuah studi menemukan bahwa diet yang tinggi makanan berbahan dasar kedelai seperti tahu bisa menurunkan testosteron dan jumlah sperma. Namun, penelitian yang lebih besar lain tidak menemukan kaitan langsung antara kedelai dengan menurunnya libido.

Simak juga video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gorengan dan Minyak Nabati

2. Makanan Tinggi Lemak Jenuh

Makanan yang digoreng sarat dengan lemak jenuh yang bisa menyebabkan penyumpatan arteri, aliran darah yang buruk, penambahan berat badan, serta disfungsi ereksi.

"Jika Anda makan dengan buruk, Anda cenderung gemuk dan memiliki masalah seperti diabetes atau tekanan darah tinggi yang semuanya bisa mempengaruhi libido," kata Jamin Brahmbhatt dari PUR Clinic, Florida, Amerika Serikat. Selain itu, beberapa makanan tinggi lemak jenuh lainnya adalah daging merah dan keju.

3. Minyak Nabati

Menurut Columbus Men's Clinic di Ohio, beberapa minyak nabati mengandung lemak tidak jenuh ganda yang tinggi. Ini bisa menyebabkan testosteron menurun.

Maka dari itu, agar hormon ini tetap terjaga, Anda disarankan untuk menggunakan minyak zaitun murni ketimbang minyak nabati.

3 dari 3 halaman

Garam, Alkohol, dan Gula

4. Garam

Perhatikan asupan garam yang Anda konsumsi agar tidak berlebihan dan sesuai kebutuhan. Cleveland Clinic menyatakan, hipertensi yang terjadi akibat kadar sodium yang berlebihan bisa mengarah pada turunnya libido.

5. Alkohol

Mengonsumsi alkohol berlebihan menyebabkan testosteron lebih rendah dan estrogen meninggi. Brambhatt mengatakan, kombinasi tersebut bisa berpengaruh pada libido Anda.

Sehingga, jangan mengira bahwa konsumsi alkohol meningkatkan kepercayaan diri seseorang di ranjang. Faktanya, minuman jenis ini malah menekan gairah seks seseorang yang bikin Anda loyo.

6. Gula

"Gula membutuhkan insulin untuk dipreoses. Peningkatan insulin yang konstan terkait dengan kadar testosteron yang rendah," kata Brahmbhatt.

Selain itu, karbohidrat yang terlalu berat juga berubah menjadi gula. Ini meningkatkan kadar glukosa darah dan menyebabkan pankreas memproduksi lebih banyak insulin. Karena itu, jangan lupa untuk mencukupi asupan nutrisi dengan seimbang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.