Sukses

Cara Tepat Mengolah Makanan untuk Penderita Asam Lambung Selama Puasa

Ada cara pengolahan makanan yang tepat untuk penderita asam lambung selama puasa Ramadan.

Liputan6.com, Jakarta Bagi penderita asam lambung (Gastroesophageal Reflux Disease/GERD), ada cara mengolah makanan yang tepat selama puasa Ramadan. GERD, penyakit yang disebabkan oleh asam lambung yang naik ke kerongkongan bisa terjadi saat puasa, terutama jika tidak diikuti pola makan dan gaya hidup sehat.

“Ramadan merupakan bulan yang sangat penting bagi umat Muslim di Indonesia. Orang yang berpuasa membutuhkan pola makan seimbang dengan nutrisi yang tepat, terlebih jika mereka memiliki masalah asam lambung," ujar Head of Personal Health Philips Indonesia, Yongky Sentosa dalam keterangan yang diterima Health Liputan6.com, ditulis Rabu (22/5/2019).

Oleh karena itu, makanan yang disarankan untuk penderita asam lambung yaitu makanan yang mudah dicerna, tidak mengandung gas, dan lemak yang tinggi.

"Pengolahan makanan diutamakan dengan cara direbus, dikukus, ditumis, dan menggunakan santan encer," ujar ahli gizi sekaligus Ketua Indonesia Sport Nutritionist Association, Rita Ramayulis.

Yang perlu diperhatikan, makanan yang dikonsumsi penderita asam lambung harus mengandung zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, tetapi juga tidak merangsang naiknya asam lambung ke kerongkongan.

  

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Aturan makan yang tepat

Pembagian makanan untuk penderita asam lambung adalah porsi kecil dan tidak boleh mengonsumsi makanan sekaligus dalam jumlah besar. Selama berpuasa, konsumsi makanan dibagi menjadi empat kali waktu makan, yaitu sahur, berbuka, makan malam, dan camilan malam. 

“Berbagai penelitian menjelaskan, berpuasa dapat mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dan teratur. Penderita GERD yang berpuasa dapat menurunkan gejala GERD mereka. Itu pun selama dilakukan dengan benar dan tidak makan berlebihan saat berbuka puasa. Berpuasa dengan cara-cara yang benar akan membantu mengatasi GERD,” tambah Rita. 

Jenis makanan tertentu dapat meningkatkan jumlah asam dalam lambung sehingga menimbulkan gangguan lambung. Ada beberapa kategori makanan yang dapat dihindari untuk mencegah kambuhnya penyakit.

"Contohnya, makanan yang mengandung gas, kadar gula tinggi, dan makanan pedas harus dihindari karena dapat meningkatkan jumlah gas dan asam. Makanan yang tinggi serat, lemak, dan makanan yang sulit dicerna juga harus dikurangi karena dapat membuat kerja lambung lebih berat," lanjut Rita.

3 dari 3 halaman

Gejala GERD

Gejala GERD berupa sensasi terbakar atau nyeri pada bagian atas perut atau dada yang disebut juga dengan heartburn. Gejala lain yang mungkin muncul yakni mual, kembung, sakit saat menelan, mulut terasa asam, dan rasa tidak nyaman pada tenggorokan.

Menurut Rita, faktor utama yang menjadi risiko penyakit GERD adalah pola makan, manajemen stres, dan pola tidur yang tidak tepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.