Sukses

Kiat Susan Bachtiar Menjaga Kebugaran Tubuh di Usia Kepala Empat

Liputan6.com, Jakarta Seiring bertambahnya usia, setiap wanita selalu ingin berada dalam kondisi baik. Bukan hanya baik dari segi fisik dan emosional saja, tapi juga kesehatan. Oleh karena harus ada kebutuhan 'baru' agar tetap sehat dan bugar di usia 40an.

Misalnya seperti yang dilakukan presenter cantik Susan Bachtiar. Di usianya yang akan memasuki umur 46 tahun, Susan tetap aktif melakukan aktivitasnya tanpa kendala kesehatan yang berarti.

Ya, Susan tetap bugar. Bonusnya adalah fisik yang terlihat awet muda. Mengapa Susan bisa berada di kondisi baik itu? Alasannya karena dia berusaha mengatur pola hidup sehat yang seimbang.

"Aku coba menjalani gaya hidup sehat. Jadi waktu menginjak usia 30 tahun, aku sudah aware sama kesehatan," kata Susan, Jumat (15/3).

Nah kira-kira seperti apa saja ya kiat Susan menjaga pola hidup sehatnya di usia 40an ini?

1. Olahraga

Susan mengaku kalau dia adalah pecinta olahraga. Bisa dibilang hampir setiap hari Susan berolahraga. Jelang usia 30, Susan mulai merasa tubuhnya kaku. Di momen ini, Susan memutuskan ikut pilates dan seiring pertambangan usia, Susan mencari olahraga lagi sesuai kebutuhannya.

Salah satu yang dilakukannya adalah lari. "Saya mengusahakan setiap hari lari minimal tiga kilometer. Di-combine gym, misalnya satu jam zumba. Tapi setiap hari pasti lari." katanya.

Beruntungnya lagi, kata Susan, sejak Susan dipilih menjadi Duta Yayasan Jantung Indonesia beberapa tahun lalu. Setiap setahun sekali, Susan bersama suami ikut lari Marathon. Ya ajang lari dengan jarak sepanjang 42 kilometer. Luar biasa bukan?

Bukan hanya itu saja, lari, menurut Susan merupakan salah satu cara terbaik untuk kesehatan jantung. "Badan harus bergerak setiap hari. Jalan 30 menit selama sehari saja sudah menyehatkan."

2. Istirahat Cukup

Banyak manfaat yang didapatkan Susan karena rutin berolahraga. Tapi menurutnya, olahraga saja tidak cukup kalau tak didukung oleh istirahat. "Jangan lupa istirahat. Idealnya tujuh sampai delapan jam sehari."

3. Pola Makan

Alasan ketiga inilah yang diubah oleh Susan. Memasuki usia 30an, pola hidup sehatnya dimulai. Susan lebih banyak minum air putih, makan banyak serat, mengurangi minyak dan gorengan. Ibu satu anak itu memilih mengonsumsi karbohidarat kompleks.

"Saya mengganti nasi dengan karbohidrat kompleks yang ada di sayur. Di oatmeal juga bagus karena mengandung banyak serat," jelas Susan.

Bukan hanya itu saja, lantaran metabolisme di usia 40an melambat, Susan mengurangi porsi nasi perlahan. Awalnya Susan mulai dengan mengganti nasi putih menjadi nasi merah, lalu nasi hitam.

Selain nutrisi dari makanan, wanita bernama lengkap Susan Meilani Bachtiar ini juga mengonsumsi suplemen yang menunjang kebutuhan kebugarannya. Susu.

"Jantung adalah mesin badan. Jantung itu melindungi badan. Sekarang bukan hanya laki-laki saja yang kena serangan jantung, tapi perempuan juga. Makanya minum susu itu penting untuk kesehatan jantung," kata Susan.

 

 

 

(Adv)

 

Loading