Sukses

6 Trik Membujuk Anak agar Mau Makan

Liputan6.com, Jakarta Dalam masa pertumbuhannya, ada fase ketika anak susah untuk makan. Hal itu kerap membuat orangtua kebingungan dan putus asa. Untuk mengatasinya, Mommy Mega Oe dari Babyologist berbagi enam trik jitu. Silakan dicoba!

Selain anak sakit yang membuat bingung orangtua adalah anak ga mau makan. Bila Moms kewalahan dan khawatir karena bayi kita susah makan, tenang saja Moms tidak sendiri. Sekarang anak saya lagi di fase yang sangat sulit kalau disuruh makan. Lalu apa yang saya lakukan?

Sebenarnya ada saat tertentu memang bayi sulit makan, misalkan sedang tumbuh gigi, nafsu makan sedang menurun atau ada kemungkinan memang bayi kita susah makan.

Selain itu, bayi susah makan juga dapat disebabkan bayi masih kenyang, lelah atau sakit. Jika hal ini yang terjadi, tidak perlu khawatir. Umumnya setelah kondisi fisiknya telah pulih, saat merasa lapar, bayi akan kembali makan.

Pastikan makanan yang diberikan kepada si Kecil sesuai dengan jenis makanan yang dianjurkan untuk usianya. Meski bayi mengalami susah makan, jangan memberikan makanan yang banyak mengandung MSG hanya demi meningkatkan nafsu makannya

Bagaimana trik yang saya lakukan untuk membuat anak makan?

1. Mainan berbunyi

Dudukkan anak di highchair lalu berikan mainan kepadanya. Apabila sudah bosan dengan mainan pertama, cepat-cepat saya ganti dengan mainan baru. Mainan yang saya gunakan adalah mainan yang berbunyi. Ketika anak kita lengah, bayi lebih mudah untuk membuka mulut ketika sendok ditempelkan ke ujung bibirnya.

2. Nonton film kartun

Tetap dalam posisi duduk di highchair sambil membuka film kartun sehingga bayi membuka mulutnya tanpa sadar ketika sendok ditempelkan ke ujung bibirnya.

3. Berikan mainan yang bisa digigit

Untuk bayi yang senang menggigit benda apapun di sekitarnya, berikan mainan yang bisa digigit untuk memancing gigitannya. Ketika ia siap memasukkan mainan tersebut ke mulutnya, secepatnya masukkan sendok berisi makanan ke mulutnya.

4. Tepuk tangan

Cara ini butuh bantuan orang lain untuk bertepuk tangan sambil berkata, “Horeee”, sementara Moms menyuguhkan sendok berisi makanan ke mulut si bayi.

5. Makan bersama

Bayi susah makan sering tergugah nafsu makannya ketika melihat orang lain makan. Cobalah Moms sambil makan ketika menyuapinya. Atau, minta bantuan orang lain untuk makan di hadapan si Kecil, dan Moms harus sigap menyuapinya ketika ia mulai menganga karena ‘latah’ melihat orang lain menyuap makanan.

6. Membuatnya melihat ke atas

Gunakan mainan atau benda yang menarik perhatian bayi agar ia melihat ke atas. Ketika mulutnya terbuka, masukkan sendok berisi makanannya.

Nah cara di atas bisa disesuaikan dengan karakter anak masing-masing ya. Kita sebagai orangtua harus banyak bersabar, pastinya ketika anak lagi fase GTM.

Semoga bermanfaat.

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Tips Kenalkan Kebiasaan Membaca Buku pada Anak
Artikel Selanjutnya
3 Tips Memilih Rumah Sakit untuk Melahirkan