Sukses

6 Manfaat Makan Apel Beserta Kulitnya

Liputan6.com, Jakarta Apel bisa jadi salah satu buah yang bisa disantap pada sahur atau berbuka puasa. Sebagian orang mungkin memilih makan apel tanpa kulitnya. Sayangnya, hal tersebut bisa membuat kehilangan banyak nutrisi.  

Buah ini memiliki kandungan vitamin dan mineral seperti vitamin C, kalium, serat karbohidrat dan lainnya. Mengenai kalori, satu buah apel ukuran medium cukup kecil hanya 95 kalor.

Apel juga memiliki kandungan polifenol tinggi sehingga ada efek antioksidan. Antioksidan tersebut ditemukan di kulit dan daging buah apel. Seperti melansir dari Boldsky, inilah alasan mengapa kulit apel baik untuk dikonsumsi:

1. Sumber serat

Satu buah apel ukuran medium memiliki total 4.4 gram serat. Kandungan serat ini dapat mencegah sembelit. Selain itu, kandungan serat dalam kulit apel juga membuat Anda merasa kenyang lebih lama, mencegah gula darah naik dan memperlambat penyerapan nutrisi. Kandungan tersebut juga nantinya dapat menurunkan kolestrol.

2. Sumber vitamin

Sebuah kulit apel mengandung 8,4 mg vitamin C dan 98 IU vitamin A. Saat Anda mengupas kulit apel maka kandungan tersebut akan menurun. Selain itu, hampir setengah kandungan vitamin C pada buah apel berada di kulitnya.

 

2 dari 3 halaman

3. Mencegah Kanker

 

Sebuah studi dari Universitas Cornell tahun 2007 menunjukkan bahwa terdapat kandungan triterpenoid pada kulit apel. Kandungan ini memiliki kemampuan untuk membunuh sel kanker khususnya pada sel kanker usus besar, payudara dan liver.

Selain itu, sebuah penelitian dari American Institute for Cancer mengatakan bahwa apel merupakan sumber antioksidan yang baik. Antioksidan ini dapat menurunkan resiko kanker paru-paru.

4. Mengatasi masalah pernafasan

Kandungan quercetin biasanya ditemukan pada kulit apel dibandingkan dagingnya. Sebuah studi menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi lima apel perminggu memiliki fungsi paru-paru yang lebih baik. Ini juga menurunkan resiko asma.

Sebuah studi tahun 2004 menunjukkan bahwa quercetin dapat melawan kerusakan otak yang sering dikaitkan dengan penyakit alzheimer maupun masalah degeneratif lainnya.

5. Membantu menurunkan berat badan

Kulit apel memiliki kandungan ursolic acid yakni kandungan esensial yang dapat melawan obesitas. Ursolic acid meningkatkan lemak otot dengan merubah kalori terbakar sehingga menurunan resiko obesitas.

6. Sumber mineral

Sebuah studi dari Universitas Illinois mengandung mineral penting seperti potassium, kalsium, asam folat, zat besi dan fosforus. Mineral ini memiliki banyak fungsi. Mulai dari menguatkan tulang hingga meregulasi pertumbuhan sel dan memproduksi sel darah merah.

Penulis: Khairuni Cesario

3 dari 3 halaman

Saksikan juga video menarik berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Rutin Konsumsi Apel Bantu Kehidupan Seks Wanita Lebih Baik