Sukses

Hindari Minum Obat Diabetes yang Picu Gula Darah Turun Saat Sahur

Ada obat diabetes yang menyebabkan terjadinya gula darah turun, yang tidak dianjurkan minum saat sahur.

Liputan6.com, Jakarta Bagi pasien diabetes dianjurkan tidak minum obat yang memicu terjadinya hipoglikemia (gula darah turun) saat sahur. Ini dikarenakan selepas sahur, yang dilanjutkan berpuasa dapat memicu gejala hipoglikemia.

Menurut dokter spesialis penyakit dalam Sidartawan Soegondo, ada obat diabetes yang membuat gula darah turun.

"Minum obatnya pas waktu berbuka puasa. Semua obat yang bikin hipoglikemia diminum saat buka puasa. Jangan waktu sahur. Tentunya karena disesuaikan dengan puasa, dosis obat dikurangi," ungkap Sidarta saat ditemui di Jakarta, ditulis Jumat (10/5/2019).

Jika diminum sahur, maka seseorang tidak bisa lemas dan pingsan. Ini karena selama puasa, perut tidak diisi makanan.

"Kalau diminum saat buka puasa kan perut sudah terisi. Buka puasa makan, sehabis tarawih misalnya, Anda juga makan. Jadi, mencegah terjadinya efek hipoglikemia," lanjutnya.

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Obat diabetes yang aman

Gejala hipoglikemia di antaranya keringat dingin, jantung berdebar, mudah lapar, dan mual. Pada tahap ini, seseorang membutuhkan asupan gula untuk meningkatkan kadar gula darah.

"Bila sudah mengalami gejala hipoglikemia, meski waktu berbuka puasa tinggal 10 menit lagi ya boleh batalkan puasa. Kalau tidak, nanti Anda akan drop dan pingsan," Sidarta menekankan.

Risiko mengalami hipoglikemia bisa ditekan jika obat diabetes yang bisa memicu hipoglikemia diminum saat berbuka puasa.

"Tapi sekarang banyak jenis obat diabetes yang tidak bikin hipoglikemia. Mau diberikan (diminum) dua kali, baik buka puasa dan sahur juga tidak masalah. Obatnya aman kok," ujar Sidarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Diabetes (diabetes melitus) adalah suatu penyakit metabolik yang diakibatkan oleh meningkatnya kadar glukosa atau gula darah.

    Diabetes

  • Hipoglikemia adalah kondisi ketika kadar glukosa (gula darah) berada di bawah normal. Umumnya penurunan kadar gula darah kurang dari 60 mg/d

    Hipoglikemia

  • Sahur adalah kegiatan yang dilakukan jelang subuh untuk mempersiapkan puasa
    Sahur adalah kegiatan yang dilakukan jelang subuh untuk mempersiapkan puasa

    Sahur

  • gula darah