Sukses

3 Cara Ketahui Madu yang Dibeli Berikan Manfaat Kesehatan Terbaik

Liputan6.com, Jakarta Ada cara mengetahui, apakah madu yang Anda beli tepat dan memberikan manfaat kesehatan terbaik. Madu sebagai antibakteri, anti-inflamasi, dan antioksidan bagi tubuh.

Seorang pakar madu memberikan tips dan trik untuk mencari tahu, madu mana yang tepat. Suzy Scherr, koki dan penulis buku baru The Honey Companion memberikan kiatnya.

Pilihlah madu mentah dan tanpa filter

Madu tidak berbeda dengan kebanyakan makanan. Ketika membelinya, usahakan menghindari madu olahan. Saat madu diproses, ia dipanaskan, yang mana dapat menghancurkan zat-zat yang bermanfaat sehingga membuatnya kurang bergizi.

"Cari label madu yang berbunyi mentah untuk menghindari kehilangan nutrisi penting," kata Scherr, dikutip dari Mind and Body Green, Selasa (22/4/2019).

Label penting lain yang harus diperhatikan adalah tanpa filter.

"Penyaringan madu akan menghilangkan banyak serbuk sari yang bergizi," tambah Scherr.

Jika Anda pernah menerawang madu ke arah cahaya, perhatikan partikel-partikel kecil di dalam madu. Ada kemungkinan partikel itu tidak disaring. Padahal, itu justru bergizi.

2 dari 4 halaman

Abaikan kata

Dalam banyak kasus, memilih makanan organik adalah pilihan yang bagus dan tepat. Ketika memilih madu, tidak masalah apakah Anda memilih organik atau tidak.

Ini karena lebah terbang berkilo-kilometer dan terlalu sulit untuk menentukan bunga mana yang hinggap.

"Anda harus memastikan semua bunga di daerah yang mencari makan lebah bebas pestisida," lanjut Scherr. "Dan ini sangat sulit untuk dikonfirmasi. Kemungkinan madu organik mungkin sedikit lebih mahal daripada madu non-organik."

3 dari 4 halaman

Selidiki warnanya

Madu punya warna yang berbeda berdasarkan bunga yang dihinggapi lebah. Di negara empat musim, madu di musim gugur biasanya lebih pekat dan punya rasa lebih kuat.

Madu di musim semi warna tidak terlalu pekat dan memiliki rasa yang lebih ringan. Kedua madu pada musim tersebut lezat. Ada baiknya mencoba keduanya untuk melihat madu apa yang Anda suka.

Saat berada di toko atau di pasar, periksa warna madu dan pilih berdasarkan rasa yang Anda inginkan.

4 dari 4 halaman

Simak video menarik berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Jelajah Rimba demi Mendulang Madu dari Sarang Lebah Liar
Artikel Selanjutnya
Keistimewaan Manuka, Madu Mahal Asal Selandia Baru