Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Diam-Diam Tanamkan Sperma, Dokter Kesuburan Jadi Ayah dari 45 Anak

Baru-baru ini tes DNA dari seorang dokter kesuburan di Belanda berhasil mengungkap bahwa dia adalah ayah biologis dari 49 anak.

 

Liputan6.com, Jakarta Tes DNA bisa mengungkap banyak hal, salah satunya mengenai asal-usul seseorang. Baru-baru ini tes DNA dari seorang dokter kesuburan di Belanda berhasil mengungkap bahwa dia adalah ayah biologis dari 49 anak.

Setelah melalui perjuangan panjang dalam persidangan, hakim akhirnya setuju untuk memperbolehkan pasien serta anak-anak mereka mengakses DNA dokter Jan Karbaat.

Rupanya, berpuluh tahun lalu Jan Karbaat yang merupakan dokter di sebuah klinik IVF di Rotterdam telah menyalahgunakan kekuasaannya. Karbaat menanamkan spermanya sendiri pada para pasien tanpa sepengetahuan mereka.

Karbaat mengganti sperma yang akan ditanamkan pada pasien terpilih dengan spermanya sendiri. Dan ketika beberapa pasiennya curiga, mereka membawa kasus tersebut ke ranah hukum, sesaat sebelum Karbaat tutup usia pada umur 89.

Melansir laman New York Post, Rabu (17/4/2019), keluarga Karbaat berusaha menghentikan penggunaan DNA-nya untuk penyelidikan. Beberapa bukti DNA itu didapat dari perkakas pribadi Karbaat, seperti sikat gigi. Media Belanda menyebut, benda tersebut disimpan rapat di penyimpanan khusus oleh pihak keluarga.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pencarian 11 Tahun

Sebagian besar anak-anak dari hasil IVF Kabaat itu kini telah berusia 30-an. Salah seorang diantaranya bernama Joey. Pria itu merasa lega setelah berhasil mengetahui identitas dirinya.

"Setelah mencari selama 11 tahun, kini aku bisa melanjutkan hidup. Aku senang akhirnya bisa mendapat kejelasan," ujarnya pada media Belanda, NOS.

Klinik kesuburan Karbaat ditutup pada 2009. Kasus Karbaat mencuat lantaran tuduhan Karbaat memalsukan data serta menyalahi aturan donor sperma.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.