Sukses

Catat, Ini Dampak Menyimpan Rahasia

Liputan6.com, Jakarta Semua orang di dunia pastinya pernah atau sedang menyimpan rahasia. Entah itu menyimpan rahasia dari kekasih, teman dekat, bahkan keluarga.

Hati-hati, sebuah penelitian dari Journal of Personality and Social Psychology menemukan bahwa menyimpan suatu rahasia, baik itu rahasia kecil atau besar, dapat memberikan efek kesehatan negatif meski dengan hanya memikirkannya.

Seorang asisten profesor dari Columbia Business School, Amerika Serikat, Michael Slepian mengatakan bahwa seseorang cenderung akan berpikir tentang rahasia yang disimpan. Dan hal tersebut akan membuatnya merasa tidak dapat dipercaya atau tidak autentik.

Slepian dan para peneliti lainnya bahkan sudah melakukan penelitian terkait masalah ini. Dengan meneliti lebih dari 2.000 responden dan lebih dari 13.000 rahasia, dapat dikatakan bahwa menyimpan rahasia dapat membuat kualitas hubungan pribadi dengan orang lain menjadi lebih rendah atau buruk.

"Apa yang tampaknya sulit tentang rahasia, bukanlah menyembunyikannya, tetapi memikirkannya," imbuh Slepian, seperti dikutip dari US News Health.

"Rahasia seperti alasan pergi sekolah padahal bolos, hingga rahasia besar seperti perselingkuhan, dapat memberikan tekanan batin pada yang menyimpan rahasia." tambahnya.

 

2 dari 3 halaman

Menciptakan jarak emosional

Selain tekanan mental, hal ini juga menciptakan jarak emosionalnya dengan orang lain. Ini bisa membuat hubungan seseorang dengan orang lain terasa kurang memuaskan, bahkan dapat berpengaruh pada kinerja seseorang di pekerjaannya, menurut rekan dari Slepian pada penelitiannya, yaitu Malia Mason.

Seorang psikiater sekaligus direktur Behavioral Health Care Center di Indiana University Health, Amerika Serikat bernama Dr. Anne Gilbert menjelaskan bahwa menyimpan rahasia juga dapat menyebabkan kecemasan, stres, hingga depresi. Tidak hanya masalah psikis, hal ini juga dapat menyebabkan kadar gula darah melonjak, detak jantung mulai cepat serta gangguan pencernaan.

3 dari 3 halaman

Bagaimana harus bertindak?

Untuk menghindari hal tersebut, para ahli memberikan penjelasan bagaimana seseorang harus bertindak saat hendak atau sedang menyimpan rahasia. Salah satu caranya yaitu dengan mengakui rahasia yang disimpan pada orang yang dapat dipercaya.

Dengan begitu, seseorang akan merasa lebih tenang, apalagi jika orang yang dia ceritakan dapat memberikan solusi jalan keluar.

"Kepada Yang Maha Kuasa, kepada diri sendiri, atau orang yang kita percaya saja," imbuh Gilbert.

 

Penulis: Dara Elisabeth

Loading