Sukses

Diabetes dan Kebutaan yang Mendera Mus Mulyadi Semasa Hidup

Liputan6.com, Jakarta Maestro keroncong Mus Mulyadi tutup usia pada Kamis, 11 April 2019. Belum diketahui pasti penyebab Mus meninggal, tapi semasa hidup ia mengidap diabetes.

Seperti dikutip Showbiz Liputan6.com, sejak 12 tahun lalu Mus Mulyadi terkena diabetes. Penyakit ini juga membuat Mus Mulyadi mengalami masalah penglihatan. Pada 2009 ia mengalami kebutaan.

"Kadang anak cucunya menuntun," kata istri Mus Mulyadi, Hellen Sparingga di tayangan Hot Shot di 2016.

Salah satu komplikasi dari diabetes adalah diabetes retinopathy (DR) yakni sebuah gangguan pada retina yang menyebabkan kebutaan.

Menurut dokter spesialis penyakit dalam Muhammad Ikhsan Moko Agow dari Jakarta Eye Center (JEC), pada diabetesi vitamin, mineral, dan protein tidak mampu terserap oleh sel-sel tubuh. Hal ini terjadi karena insulin gagal bekerja. Kondisi ini kemudian menyebabkan pembuluh darah mengalami kebocoran.

 

Saksikan juga video menarik berikut

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Mencegah kebutaan pada diabetesi

Dokter spesialis mata JEC Kedoya Referano Agustiawan dari JEC Kedoya beberapa waktu yang lalu mengungkapkan dua cara untuk mencegah kebutaan pada diabetesi. Yakni: 

Pertama, pasien yang sudah terdiagnosis diabetes harus memeriksakan mata. Gula darah yang tidak terkontrol dan tekanan darah yang tinggi mengakibatkan pembuluh darah mengalami kebocoran.

Kedua, rajin mengontrol gula darah dan tekanan darah. Upaya ini akan mencegah timbulnya kebocoran pada pembuluh darah retina. Penglihatan mata dapat terjaga.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS