Sukses

10 Alasan untuk Berhenti Merokok Sekarang Juga

Sebaiknya mulai sekarang berhenti untuk merokok

Liputan6.com, Jakarta Merokok memberi pengaruh buruk di seluruh aspek kesehatan. Dampak itu tidak hanya dirasakan oleh perokok itu sendiri, melainkan orang-orang yang ada di sekitar mereka.

Saat ini, entah sudah berapa orang pakar yang bersuara terkait bahaya merokok. Mereka mengatakan bahwa aktivitas itu akan berdampak pada kesehatan jangka panjang.

Pada 1964, para ahli bedah umum di Amerika Serikat sepakat menyatakan bahwa merokok bisa menyebabkan kanker paru-paru.

Sejak hari itu diketahui bahwa merokok menimbulkan berbagai macam penyakit berbahaya. Melansir dari situs Lung pada Jumat, 5 April 2019, berikut adalah alasan Anda harus berhenti merokok:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bahaya merokok

1. Mata buta

Merokok menyebabkan peningkatan degenerasi makula. Hal ini akan menyebabkan kebutaan pada lansia di atas umur 65 tahun.

2. Diabetes tipe 2

Merokok merupakan salah satu penyebab diabetes tipe 2. Merokok akan meningkatkan risiko komplikasi dari penyakit ini termasuk masalah peredaran darah ke kaki yang tidak lancar. Hal ini dapat menyebabkan infeksi yang berujung kaki harus diamputasi.

3. Impotensi

Fungsi seksual laki-laki terpengaruh saat Anda merokok. Rokok menyebabkan penyempitan pembuluh darah ke seluruh badan termasuk alat reproduksi.

 

3 dari 4 halaman

Bahaya lain dari merokok

4. Hamil di luar kandungan

Hamil di luar kandungan sangatlah berbahaya. Hal ini akan membuat perempuan yang hamil berada dalam situasi mematikan.

5. Patah tulang panggul

Kesehatan tulang perokok akan menurun jauh lebih cepat dibandingkan bukan perokok. Yang menyebabkan mereka berisiko patah tulang pinggul. Hal ini akan menempatkan perokok dalam posisi berbahaya.

6. Kanker usus besar

Salah satu penyebab kanker ini adalah karena merokok. Kandungan di dalam rokok meningkatkan risiko perkembangan kanker jenis ini.

 

4 dari 4 halaman

Alasan harus berhenti merokok

7. Artritis reumatoid

Artritis reumatoid adalah penyakit inflamasi kronis yang biasanya terjadi pada perempuan yang memengaruhi tangan dan kaki. Merokok adalah salah satu penyebabnya.

Selain itu, rokok memicu risiko terkena penyakit ini pada usia muda.

8. Bibir sumbing

Hal ini biasanya terjadi ketika mulut bayi tidak berkembang secara sempurna pada waktu kehamilan. Perempuan yang merokok selama kehamilan memiliki kemungkinan lebih besar untuk mengalami hal ini.

9. Masalah kesuburan

Merokok dapat memengaruhi kemampuan untuk hamil. Hal ini menurunkan kesuburan pada perempuan dan menyebabkan masalah lain selama kehamilan.

10. Infeksi gusi

Merokok meningkatkan kemungkinan untuk kehilangan gigi. Merokok mernyebabkan infeksi gusi yang akhirnya menyebabkan tulang yang menyokong gigi. Inilah yang menjadi penyebab kehilangan gigi pada orang dewasa. 

Penulis: Khairuni Cesario

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.