Sukses

Pola Diet Berdasarkan 3 Tipe Tubuh, Cek Anda yang Mana

TIga tipe tubuh ini adalah penentu keberhasilan diet Anda

Liputan6.com, Jakarta Tubuh setiap orang itu unik.  Ada tipe ectomorph, mesomorph, dan endomorph. Untuk itu kenali tipe tubuh Anda yang mana sehingga bisa membantu memilih diet yang sebaiknya Anda lakukan.

Seorang pelatih kebugaran pribadi sekaligus strength coach tersertifikasi, Alex Silver-Fagan, menjelaskan bahwa tipe tubuh ini tidak hanya terkait dengan fisik tapi juga dalam merespons dan memproses nutrisi secara berbeda.

Berikut penjelasan ketiga tipe tubuh dikutip dari buku berjudul Get Strong Women pada Jumat, 5 April 2019.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Tipe ectomorp

Menurut Silver-Fagan, tipe tubuh ini perawakannya tinggi tapi struktur tulangnya lebih kecil. Metabolisme tipe tubuh ini tinggi. Untuk mendapatkan atau kehilangan lemak prosesnya perlahan. Begitu pula perlahan dalam mendapatkan dan mengurangi otot.

Tubuh ini idealnya menghancurkan 50 persen karbohidrat, 30 persen protein, dan 20 persen lemak.

Untuk perencanaan makanan, tipe Ectomorp membutuhkan rasio karbohidrat dan lemak yang lebih tinggi.

"Setiap makan harus mencakup satu porsi protein seukuran telapak tangan, satu porsi sayuran seukuran kepalan tangan, dua genggam biji-bijian utuh atau kacang polong, setengah ukuran jempol untuk lemak," katanya.

 

3 dari 4 halaman

2. Tipe Mesomorph

Silver-Fagan, mengatakan, tipe tubuh ini ideal dengan bentuk rectangular. Tubuh ini perawakannya atletis, dengan mudah mendapat dan kehilangan lemak. Begitu juga dengan otot.

Tubuh ini idealnya 35-40 persen karbohidrat, 30-35 persen protein, dan 30 persen lemak.

Untuk perencanaan makanan untuk tipe mesomorf membutuhkan rasio makro yang seimbang, dengan karbohidrat yang lebih rendah jika mencoba menurunkan berat badan.

"Setiap makan harus mencakup satu porsi protein seukuran telapak tangan, satu porsi sayuran seukuran kepalan tangan, satu genggam biji-bijian utuh atau kacang-kacangan, satu porsi lemak seukuran jempol," Silver menjelaskan.

 

4 dari 4 halaman

3. Tipe endomorph

Tipe tubuh ini kekar atau secara fisik bulat. Struktur tulang lebar. Mudah mendapat lemak dan otot. Akan tetapi lambat untuk mendapat dan mengurangi lemak.

Tubuh ideal tipe idealnya 25 persen karbohidrat, 40 persen protein, dan 25 persen lemak.

Perencanaan makanan endomorphs membutuhkan rasio karbohidrat dan lemak yang lebih rendah. Setiap hidangan harus mencakup satu porsi protein seukuran telapak tangan, satu porsi sayuran seukuran kepalan, setengah genggam penuh biji-bijian atau kacang-kacangan, dua porsi lemak seukuran ibu jari

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini