Sukses

5 Penyebab Gatal pada Organ Intim Wanita

Rasa gatal yang terjadi di organ intim wanita tak selalu karena infeksi bakteri.

Liputan6.com, Jakarta Gatal di sekitar organ intim wanita menimbulkan rasa tak nyaman. Apalagi ditambah dengan rasa khawatir karena tak tahu penyebabnya.

Ketika gatal menyerang di organ intim wanita hingga berhari-hari, sebaiknya segera periksakan k dokter untuk mencari tahu penyebabnya seperti disampaikan Asisten Profesor Bidang Kebidanan dan Kandungan University of Texas, Amerika Serikat, Dr Jill Krapf.

Berikut ini kemungkinan penyebab gatal vagina yang paling umum menurut penelitian yang diterbitkan oleh Prevention dikutip Hivisasa, Kamis (4/4/2019).

1. Sabun atau pakaian dalam baru

Mengganti produk untuk tubuh seperti sabun mandi atau celana dalam bisa menyebabkan kondisi yang dikenal dengan dermatitis kontak. Hal ini menyebabkan kulit bereaksi terhadap alergen atau iritasi yang tidak sesuai dengannya. Salah satunya menyebabkan rasa gatal di area vagina.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Vaginosis bakteri

Apabila bakteri alami di vagina tak seimbang dengan jenis bakteri tertentu bisa menyebabkan gatal. Bakteri vaginosis bisa memunculkan gejala-gejala lain seperti keluarnya cairan dan bau amis.

3. Infeksi ragi

Kondisi ini akibat berkembangnya ragi di dalam vagina, yang membuat jaringan vagina meradang. Alhasil, wanita tersebut kerap merasa gatal-gatal di organ intimnya. Gejala lain dari infeksi ragi ini yakni keputihan yang tebal berwarna putih dan sensasi terbakar ketika kencing.

3 dari 3 halaman

4. Infeksi Menular Seksual

Infeksi Menular Seksual (IMS) seperti trikomoniasis, klamidia, dan herpes genital dapat menyebabkan rasa gatal yang biasanya disertai dengan keputihan di antara gejala lainnya.

5. Menopause

Vagina terasa gatal juga bisa karena perubahan hormon selama dan setelah menopause. Atrofi vagina, yang merupakan pengeringan dan penipisan vagina setelah menopause, menyebabkan gatal-gatal dan ketidaknyamanan pada vagina.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.