Sukses

Jenis Kopi yang Aman untuk Penderita Mag

Bagi Anda yang memiliki riwayat mag, ini jenis kopi yang bisa Anda seruput.

Liputan6.com, Jakarta Bagi yang punya riwayat sakit mag katanya pantang minum kopi. Namun, menurut dokter spesialis penyakit dalam konsultan gastroenterologi hepatologi, Hendra Nurjadin, ada beberapa jenis kopi yang aman diminum penderita mag.

"Jika tetap ingin minum kopi, pilihlah yang kandungan kafeinnya rendah dan punya rasa yang tidak terlalu asam. Lebih baik memilih arabika dan kopi hitam," kata Hendra dalam diskusi gangguan pencernaan di Jakarta, ditulis Sabtu, (30/3/2019).

Hendra menyarankan bagi orang dengan riwayat mag menghindari minum kopi saset, espresso, dan robusta.

Selain itu, memilih kopi yang aman diminum bagi orang dengan riwayat sakit mag bisa diketahui dari bau dan teknik pembuatan.

“Pokoknya baunya tidak strong (menyengat). Tanya juga sama yang buat, menggunakan teknik cold brew atau tidak. Kalau iya, boleh dipesan,” jelasnya.

Cold brew adalah metode menyeduh kopi dengan air biasa atau air dingin. Tingkat keasaman cold brew lebih rendah ketimbang jenis kopi lainnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Waktu minum kopi

Selain jenis kopi, orang yang memiliki riwayat sakit mag juga perlu memperhatikan waktu minum kopi. Ada waktu yang tepat untuk minum kopi agar aman buat lambung.

Hendra menyarankan, minum kopi setelah makan, bukan dalam keadaan perut kosong. “Banyak yang bangun pagi langsung minum kopi. Ini salah. Perut sudah kosong semalaman, terus diminumi sesuatu yang merangsang (lambung). Ya, harusnya setelah makan (minum kopinya),” pesan dokter yang berpraktik di RS Pondok Indah Puri Indah ini. 

 

 

Saksikan juga video menarik berikut

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.