Sukses

Satai Kambing Bikin Sakit Mag Rossa Kambuh? Simak Penjelasan Dokter

Benarkah makan satai kambing membuat mag kambuh seperti yang dialami Rossa?

Liputan6.com, Jakarta Beberapa waktu lalu penyanyi Rossa masuk rumah sakit karena sakit mag. Kondisi ini terjadi setelah ia makan satai kambing dalam porsi banyak.

"Waktu pas di Bandung, aku itu, dasar emang nakal saja ya, jadi udah tahu sakit mag tadi makan kambing muda gitu. Sate, banyak banget," kata Rossa dikutip dari Youtube Selebrita7, Sabtu (30/3/2019).

Menanggapi kondisi yang dialami Rossa, dokter spesialis penyakit dalam konsultan gastroenterologi hepatologi, Hendra Nurjadin mengatakan tidak mengetahui persis karena harus melakukan pemeriksaan mendalam. 

"Saya tidak tahu secara pasti bagaimana kondisinya. Itu harus dilakukan pemeriksaan mendalam, seperti apa kondisi sakit mag yang dialaminya," ujar Hendra dalam diskusi gangguan pencernaan di Jakarta, ditulis Sabtu, 30 Maret 2019.

Berhubung tidak melakukan pemeriksaan langsung terhadap pelantun lagu Tegar itu, secara umum, kemungkinan yang menyebabkan mag kambuh adalah cabai rawit. 

"Mungkin karena makan cabai rawitnya yang pedas banget. Kalau makan satai daging kambing kan pakai sambal kecap yang banyak cabainya juga. Nah, cabai yang pedas itu menyebabkan luka pada lambung," lanjut dokter yang berpraktik di RS Pondok Indah - Puri Indah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hindari makanan pedas dan asam

Bagi penderita sakit mag, terlebih lagi yang magnya kambuh, sebaiknya menghindari konsumsi makanan pedas karena dapat menyebabkan iritasi pada lambung. Ini mengakibatkan sensasi panas pada lambung.

Selain itu, bila sedang kambuh hindari makanan yang asam. Kedua jenis makanan ini bisa membuat asam lambung meningkat.

"Apel dan lemon sebaiknya hindari. Kalau apel kan ada yang terasa asam. Terlebih lagi ada yang namanya cuka apel. Kalau mag kambuh terus makan atau minum lemon ya tambah parah magnya," Hendra menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini