Sukses

5 Manfaat Lari di Malam Hari, Bisa Perbaiki Kualitas Tidur

Lari di malam hari bisa perbaiki kualitas tidurmu.

Liputan6.com, Jakarta Olahraga adalah aktivitas fisik yang bertujuan untuk melatih tubuh untuk meningkatkan kesehatan jasmani kita. Olahraga juga merupakan aktivitas yang terencana dan terstruktur yang melibatkan seluruh anggota tubuh mulai dari kepala hingga kaki. Olahraga menjadi kebutuhan pokok manusia karena dengan berolahraga kita akan lebih sehat dan lebih bugar.

Berbagai macam jenis olahraga dapat kita lakukan tergantung dari diri kita sendiri ingin melakukannya. Beberapa jenis olahraga dikategorikan olahraga ringan dan beberapa lainnya dikategorikan ke dalam olahraga berat. Untuk olahraga ringan ini sering kita lakukan karena memang tidak membutuhkan tenaga yang banyak namun tetap bermanfaat. Salah satu contohnya adalah lari.

Lari sendiri memiliki banyak sekali jenisnya ada lari ringan, atau yang sering disebut dengan joging, hingga lari dengan jarak tempuh yang sangat jauh, atau lari maraton. Berbagai jenis lari ini dapat dilakukan di manapun, seperti di jalan, di stadion olahraga, hingga di lapangan. Waktunya juga tidak harus ditentukan. Bisa dilakukan saat waktu pagi hari, siang hari, bahkan malam hari.

Mungkin selama ini yang sering kamu lakukan adalah lari di pagi hari, atau siang hari. Namun apakah kamu pernah melakukan lari di malam hari? Atau mungkin kamu adalah salah satu orang yang menyukai lari di malam hari. Apakah manfaat yang didapatkan sama? Untuk mengetahui lebih jelasnya tentang lari di malam hari, berikut ini Liputan6.com sudah merangkum beberapa informasi mengenai lari di malam hari, Selasa (26/03/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Lari di Malam Hari

1. Relaksasi otak

Lari di malam hari dapat membantu merelaksasi otak yang sudah bekerja keras setelah padatnya aktivitas di siang hari saat bekerja atau sekolah selama seharian. Selain itu lari di malam hari juga dapat membantu mengurangi stres dan tekanan yang ada di dalam pikiran kita.

2. Membantu membentuk otot

Lari di malam hari dapat membantu membentuk dan membangun otot menjadi lebih baik. Hal ini karena di malam hari hormon pembentuk tubuh akan lebih banyak keluar dibandingkan dengan saat kita berlari atau berolahraga di pagi atau di siang hari.

3. Membakar kalori

Kalori memang dibutuhkan untuk tubuh, namun jika kadar kalori dalam tubuh kita terlalu berlebihan juga dapat menyebabkan kegemukan. Dengan lari di malam hari, kalori yang kita kumpulkan sepanjang hari akan terbakar dan berkurang, sehingga kita akan terhindar dari kelebihan kalori hingga kegemukan.

3 dari 4 halaman

Bisa Memperbaiki Kualitas Tidur

4. Tidur yang lebih nyenyak

Jika kamu memiliki aktivitas yang padat di siang hari, melakukan lari di malam hari bisa menjadi solusi untuk kamu dapat tidur dengan lebih lelap. Lari di malam hari atau olahraga di malam hari dapat memperbaiki kualitas tidurmu menjadi lebih baik lagi.

Namun perlu digaris bawahi, sebaiknya untuk berdiam diri selama satu jam setelah melakukan olahraga atau lari di malam hari. Hal ini perlu dilakukan karena ketika kita berolahraga suhu tubuh akan meningkat, sehingga perlunya menetralisisr suhu terlebih dahulu sebelum kamu tidur.

5. Meningkatkan mood keesokan harinya

Dengan tidur yang lebih nyenyak karena berolahraga atau lari di malam hari, maka keesokan harinya kamu akan merasa lebih segar dan bersemangat kembali. Horomon endorphin juga dipercaya dapat meningkat ketika melakukan olahraga di malam hari.

4 dari 4 halaman

Hal yang Perlu Diperhatikan

Lari atau olahraga di malam hari memang memiliki beberapa manfaat yang baik bagi tubuh, dan bahkan hampir sama dengan olahraga yang dilakukan di pagi atau siang hari.

Namun ada beberapa hal yang harus di perhatikan ketika kamu ingin melakukan lari di malam hari. Apa sajakah itu? Berikut ini beberapa hal yang perlu di perhatikan ketika ingin melakukan lari atau olahraga di malam hari.

1. Pemanasan

Setiap bentuk olahraga bahkan lari, harus melalui tahap pemanasan terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk meregakan otot agar tidak terjadi cedera otot.

2. Lokasi

Malam hari merupakan waktu di mana karbondioksida semakin banyak dibandingkan dengan oksigen. Maka dari itu kamu harus menghindari lari di tempat-tempat yang banyak tumbuhan atau pepohonan, karena jika berlari di area ini, bisa saja kamu akan kehabisan oksigen.

3. Tidak terlalu malam

Usahakan untuk tidak melakukan olahraga atau lari terlalu malam, karena hal ini dapat mengganggu pola istirahat atau tidurmu.

4. Lakukan perenggangan

Setelah olahraga atau lari di malam hari, lakukan perenggangan atau pendinginan dengan cara berdiam diri atau meditasi selama kurang lebih satu jam setelahnya. Hal ini untuk mengembalikan suhu tubuh kembali ke semula, karena olahraga menyebabkan suhu tubuh meningkat.

5. Konsultasi ke dokter

Konsultasikan kedokter apakah tubuhmu bisa melakukan olahraga atau lari di malam hari. Karena ada beberapa orang yang bisa melakukannya dan ada juga beberapa orang yang tidak bisa melakukan olahraga di malam hari karena faktor kesehatan.

itulah beberapa informasi mengenai lari di malam hari. Lari atau olahraga di malam hari dapat kamu lakukan jika memang kamu tidak memiliki waktu yang cukup di pagi atau siang hari karena aktivitasmu. Hal ini lebih baik dilakukan dari pada kamu tidak melakukan olahraga sama sekali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.