Sukses

Terinfeksi TB Bisa Pengaruhi Kesuburan?

Liputan6.com, Jakarta Tuberkulosis (TB) merupakan penyakit menular yang awalnya mempengaruhi paru-paru. Kemudian bisa menyebabkan infeksi sekunder pada saluran genital, vagina, daerah panggul, ginjal, tulang belakang, dan otak.

Lalu, TB genital merupakan penyebab utama infertilitas pada wanita juga pria. Ketika bakteri menyerang saluran genital, itu menyebabkan tuberkulosis genital yang juga dikenal sebagai TB panggul. Biasanya kasus ini didiagnosis selama pemeriksaan infertilitas.

Salah satu masalah utama adalah penyakit ini lebih mudah dideteksi jika mempengaruhi paru-paru. Tetapi jika bakteri langsung menyerang organ genital, sulit untuk mendeteksi pada tahap selanjutnya dan mengurangi kemungkinan pembuahan pada wanita.

Pakar kesuburan di FirstStep IVF Clinic di New Delhi Priya Gupta menuliskan bahwa di India, tuberkulosis genital perempuan merupakan penyakit yang berkembang menjadi masalah kesehatan utama yang mengarah pada infertilitas. 

 

Seperti dikutip Firstpost, Gupta mengatakan TB bisa merusak saluran tuba jika tidak diobati pada tahap awal yang selanjutnya dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang serius. Ia mengatakan 30 persen wanita dengan semua jenis TB cenderung mengembangkan TB genital, sedangkan 5-10 persen mengembangkan salpingitis hidro di mana air terisi ke dalam tabung, yang mengakibatkan infertilitas.

"Bakteri TB mempengaruhi tuba falopii dengan memblokirnya, yang menyebabkan menstruasi dan infertilitas yang terpengaruhi. "

Pada sebagian besar kasus, menstruasi bisa berhenti total karena lapisan uterus sangat terpengaruh. TB genital memiliki efek paling kecil pada vagina, vulva, dan indung telur dibandingkan dengan saluran tuba.

"Oleh karena itu, sangat penting untuk mengobati penyakit ini dengan cepat jika tidak, kemungkinan untuk hamil di masa depan bisa nol," kata Gupta.

TB genital tidak menunjukkan gejala, selain itu kata Gupta, tidak ada satu tes khusus untuk melihat penyakit. Ada tes gabungan yang digunakan untuk menganalisis apakah seseorang menderita TB genital atau tidak. 

 

Saksikan juga video menarik berikut

Loading
Artikel Selanjutnya
Berat Badan Turun hingga Depresi, Tantangan Ully saat Berobat Tuberkulosis
Artikel Selanjutnya
Kalau Sudah Menyerang Tulang, Tuberkulosis Sulit Disembuhkan