Sukses

5 Manfaat Omega-3 Untuk Kesehatan yang Tak Boleh Dilewatkan, Mampu Cegah Kanker Payudara

Manfaat omega-3 sangat beragam untuk kesehatan manusia.

Liputan6.com, Jakarta Minyak ikan merupakan salah satu suplemen yang berdampak besar bagi kesehatan tubuh. Hal ini karena kandungan omega-3nya. Omega-3 merupakan asam lemak tak jenuh ganda atau asam lemak esensial.

Kegunaan omega-3 mampu membuat terbebas dari kolesterol, pusing, dan mual. Selain itu, omega-3 baik untuk perkembangan sel serta perkembangan fungsi otak dan saraf. Minyak yang bisa diambil dari ikan salmon, tiram, tuna, dan sarden itu pada setiap 100 gramnya mengandung kurang lebih 1 gram asam lemak omega-3.

Bahkan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sendiri merekomendasikan untuk mengonsumsi minyak ikan sebanyak 250–500 mg setiap harinya demi menjaga kesehatan. Dengan manfaat omega-3 yang menakjubkan ini mungkin kamu akan tertarik untuk mengonsumsinya setiap hari.

Nah, apa sajakah manfaat omega-3 itu? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (16/3/2019) manfaat omega-3.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat omega-3

1. Menjaga Perkembangan Otak

Otak merupakan pusat sistem syaraf manusia yang bertanggung jawab terhadap pengaturan seluruh badan dan pemikiran manusia. Tanpa otak, maka kinerja sehari-hari kamu tidak akan berjalan maksimal.

Mungkin sudah banyak yang mengetahui bahwa omega-3 mampu menjaga perkembangan otak agar tetap maksimal. Nutrisi yang terkandung pada omega-3 dapat menjaga fungsi hormon aktif, seperti serotonin dan dopamin. Kedua hormon ini membuat kamu terhindar dari penyakit otak seperti demensia, skizofrenia, dan Alzheimer.

Kandungan omega-3 yang tinggi dalam tubuh dapat meningkatkan manfaat suplemen vitamin B, yang mengarah untuk memperlambat penurunan mental dan memori pada orang tua. Tentunya omega-3 ini sangat dianjurkan dikonsumsi untuk orang yang sudah lanjut usia agar terhindari dari penyakit Alzheimer ataupun demensia.

Tidak hanya baik untuk orang tua, dalam masa pertumbuhan janin jika kekurangan omega-3 sejak dalam kandungan, otaknya tidak akan berkembang optimal. Oleh karena itu, omega-3 sangat baik jika juga dikonsumi oleh ibu hamil. Dengan mengonsumi omega-3 juga dipercaya mampu mengurangi resiko keguguran dan mencegah kelahiran prematur.

2. Menguatkan otot dan tulang

Manfaat omega-3 lainnya yaitu mampu menguatkan otot dan tulang. Sebuah penelitian menunjukkan wanita berusia di atas 65 tahun yang mendapatkan asam lemak Omega 3 dan berolahraga, memiliki otot dua kali lebih kuat dibandingkan mereka yang mengonsumsi minyak zaitun.

Orang yang mengkonsumsi minyak ikan dikatakan memiliki BMD (Bone Mineral Density) atau kepadatan mineral tulang yang lebih besar. Jika kamu seorang binaragawan, tulang dan persendianmu tentu akan menahan banyak tekanan saat melakukan aktivitas berat. Alangkah lebih baiknya jika disertai dengan mengonsumi omega-3 sehingga otot dan tulang menjadi lebih kuat.

Tidak hanya itu saja, orang-orang yang menderita patah tulang akan lebih cepat pulih saat diberi suplemen minyak ikan yang mengandung omega-3.

3. Menjaga kesehatan jantung

Banyak penelitian yang menyebutkan manfaat omega-3 baik untuk kesehatan jantung. Sebuah studi di Circulation menunjukkan sekitar 24% dari orang-orang yang mengkonsumsi minyak ikan yang kaya akan omega-3, tidak mengalami kambuh penyakit jantung.

Dr Alejandro Macchia, seorang ahli jantung di Yayasan GESICA di Buenos Aires,yang memimpin studi tersebut mengatakan kalau minyak ikan terbukti bermanfaat bagi kesehatan jantung. Kandungan minyak ikan mampu melancarkan peredaran darah sehingga kamu bisa terhindari dari penyakit serangan jantung.

3 dari 3 halaman

Omega-3 Baik untuk Kesehatan dan Pertumbuhan

4. Baik untuk pertumbuhan anak

Manfaat omega-3 diketahui mampu menstimulasi tubuh untuk mensekresi HGH (Human Growth Hormone) atau hormon pertumbuhan. Asam lemak omega-3 memiliki kandungan antioksidan yang sangat baik untuk meregenerasi sel tubuh dan melindunginya dari kerusakan.

Studi yang dipublikasi di British Journal of Nutrition pada tahun 2016 menemukan, 8 dari 10 anak Indonesia kekurangan asupan omega-3 padahal kandungan omega-3 sangat baik untuk proses pertumbuhan anak. Selain itu, kandungan dalam omega-3 juga dipercaya mampu menyembuhkan luka dengan sangat cepat.

5. Mengurangi Resiko Kanker Payudara

Manfaat omega-3 lainnya yaitu mampu mengurangi resiko kanker payudara. Asam lemak yang ada pada omega-3 akan menurunkan kekuatan estrogen dalam jaringan payudara.

Asam lemak omega-3 akan menjadi elemen penting yang bisa menggantikan sel payudara yang rusak terserang oleh inflamasi sel kanker. Bahkan, untuk mereka yang sudah terserang kanker payudara, asam lemak omega-3 bisa menjadi kunci untuk melawan serangan kanker tersebut.

6. Terbebas dari stres

Sebuah penelitian menemukan bahwa seseorang yang mendapat asupan omega 3 secara rutin setiap harinya bisa terbebas dari masalah stres, depresi dan bimbang. Selama kebutuhan omega 3-nya tercukupi dengan baik akan membuat perasaan menjadi lebih tenang dan terhindar dari stress ataupun depresi.

Nah, di atas adalah manfaat omega-3 yang bisa kamu ketahui. Sumber alami omega-3 banyak ditemukan di telur, ikan, daging, dan kacang-kacangan susu dan telur. Pastikan bahwa kamu selalu mencukupinya ya. Tapi ingat, jangan konsumsi makanan yang mengandung omega 3 berlebih karena ini justru bisa membahayakan kesehatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini