Sukses

2 Penyebab Utama Pasien Alami Gagal Ginjal

Liputan6.com, Jakarta Hipertensi dan diabetes melitus tipe 2 termasuk faktor penyebab utama penyakit gagal ginjal. Artinya, pasien yang mengalami kedua jenis penyakit itu berisiko tinggi mengalami gagal ginjal.

Ketua Umum PB Perhimpunan Nefrologi Indonesia (PB PERNEFRI) Aida Lydia mengatakan, hipertensi dan diabetes melitus tipe 2 jadi penyebab gagal ginjal paling banyak di Indonesia.

"Di Indonesia, pasien gagal ginjal itu lebih tinggi disebabkan hipertensi dan diabetes melitus tipe 2," kata Aida dalam acara konferensi pers Hari Ginjal Sedunia di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Rabu, 13 Maret 2019.

Data Indonesian Renal Registry tahun 2017 menunjukkan, gagal ginjal yang disebabkan hipertensi sebesar 36 persen dan diabetes melitus tipe 2 sebesar 29 persen.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) Cut Putri Arianie menambahkan, ada juga faktor risiko lain penyebab gagal ginjal, yakni merokok, obesitas, alkohol, serta kurang aktivitas fisik. 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cegah dengan hidup sehat

Faktor tersebut lebih mudah dicegah dengan penerapan hidup sehat, rutin berolahraga, dan perbanyak makan sayur dan buah.

"Faktor risiko ini sangat mungkin dicegah. Yang pasti perubahan perilaku sehari-hari," tambah Cut.

Kasus gagal ginjal di Indonesia mengalami kenaikan. Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, persentase gagal ginjal kronis sebesar 3,8 persen dengan kenaikan 1,8 persen dari tahun 2013.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gagal ginjal adalah suatu kondisi klinis yang ditandai dengan penurunan fungsi ginjal yang ireversibel.

    Gagal Ginjal

  • Ginjal merupakan organ yang berfungsi membersihkan aliran darah dengan bekerja sebagai filter untuk mengeluarkan air dalam tubuh.

    Penyakit Ginjal