Sukses

Live Report:PENGUMUMAN KABINET JOKOWI JILID II

8 Manfaat Jagung Manis, Bisa Cegah Alzheimer dan Baik untuk Ibu Hamil

Liputan6.com, Jakarta Apakah kamu senang mengonsumi jagung? Rasa dari jagung yang manis dengan tekstur yang lembut membuat sayuran bewarna kuning ini digemari oleh banyak orang. Dari berbagai kalangan usia mulai balita hingga lanjut usia.

Selain rasanya yang enak, jagung juga menjadi sayuran yang mudah ditemukan dan mudah diolah. Kamu bisa mengolahnya dengan sederhana cukup direbus ataupun menjadi berbagai makanan lezat lain.

Rupanya, dengan tekstur yang lembut jagung menyimpan banyak manfaat yang jarang diketahui. Beruntunglah kamu jika kamu termasuk salah satu orang yang senang mengonsumsi sayuran yang satu ini.

Pasalnya, jagung yang mengandung Vitamin B12, asam folat, zat besi dan kandungan gizi lainnya sangat berguna untuk tubuh seperti mampu mencegah anemia dan mencegah Alzheimer. Selain itu, jika kamu ingin menaikkan berat badan, kamu juga bisa mengonsumsi jagung sebagai salah satu makanan sehari-harimu.

Untuk lebih lengkapnya simak berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (12/3/2019) manfaat jagung yang baik untuk tubuh.

2 dari 3 halaman

Manfaat Jagung

1. Mencegah Wasir

Manfaat jagung yang pertama untuk mecegah penyakit wasir. Wasir merupakan suatu kondisi dimana terjadi pelebaran dari pembuluh darah yang berlokasi di sekitar anus. Pembuluh darah anus yang melebar ini seringkali teregang hebat, menipis, dan teriritasi. Dalam fase ini pasien mengalami rasa sangar sakit dan berdarah.

Dengan kandungan serat yang tinggi pada jagung mampu mencegahnya terjadinya wasir sehingga kesehatan pencernaan dapat terjaga dengan baik.

2. Mencegah Asam Lambung

Penyakit asam lambung tidak boleh membiarkan perutnya dalam keadaan kosong dan kelaparan, karena akan meningkatkan asam lambung. Jika kamu termasuk salah satu orang yang terkena penyakit asam lambung, kamu bisa mengonsumsi jagung rebus 1 hingga 2 buah agar peningkatan asam lambung bisa dihindari.

Manfaat jagung dengan kandungan karbohidratnya, efektif untuk mencegah peningkatan asam lambung. Penderita asam lambung juga tidak dianjurkan untuk makan yang asam semperti mangga muda karena mampu meningkatan asam lambung. Nah, kamu juga bisa mengonsumsi satu buah jagung rebus untuk menetralkan asam lambung setelah mengonsumsi makanan yang asam.

3. Melancarkan Pencernaan

Manfaat jagung yang ketiga ialah mampu melancarkan pencernaan. Jagung yang kaya akan serat mampu membantu proses pencernaan. Menurut penelitian, satu porsi jagung sudah memenuhi kebutuhan 10 persen serat setiap hari.

Dengan kandungan seratnya yang ada pada jagung bisa memperlancar pencernaan dan menjaga kadar gula darah agar tetap stabil.

4. Penambah Energi

Jika kamu seorang atlet atau senang berolahraga, maka sertakan jagung dalam makanan sehari-harimu. Jagung mengandung karbohidrat yang mampu dicerna lebih lambat dan memberikan energi untuk jangka waktu yang lebih lama.

Satu buah jagung menghasilkan sekitar 29 gram karbohidrat yang tidak hanya menyediakan energi untuk tubuh tetapi juga berguna untuk fungsi otak dan sistem saraf.

3 dari 3 halaman

Jagung untuk kesehatan

5. Mencegah Anemia

Manfaat jagung yang kelima mampu mencegah anemia. Anemia merupakan kondisi di mana seseorang tidak memiliki sel darah merah dalam jumlah yang cukup untuk mengantarkan oksigen ke berbagai jaringan yang terdapat dalam tubuh. Mengalami anemia dapat membuat seseorang merasa lelah dan lemas.

Jika kamu sering terserang anemia, kamu bisa mengonsumsi jagung lebih sering. Sebab anemia biasanya disebabkan oleh kondisi kekurangan vitamin B12, asam folat, dan zat besi, dan jagung memiliki ketiga kandungan tersebut.

6. Cegah Alzheimer

Penyakit Alzheimer atau pikun merupakan kondisi dimana sebagian sel- sel di otak sudah tidak berfungsi. Akibatnya kemampuan otak menurun drastis. Risiko penyakit Alzheimer ini akan meningkat seiring dengan bertambahnya usia.

Dengan mengonsumsi jagung mampu mencegah Alzheimer, karena jagung mengandung thymine yang membantu fungsi sel-sel otak atau fungksi kognitif. Senyawa ini juga dibutuhkan untuk sintesis asetilkolin yang penting bagi memori terkait fungsi ingatan seperti Alzheimer.

7. Baik untuk Ibu Hamil

Asam folat merupakan salah satu jenis vitamin B, zat ini bisa didapatkan dari sayuran jagung. Asam folat adalah salah satu jenis nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Tak hanya untuk si ibu, asam folat ternyata juga bagus untuk tumbuh kembang janin.

Oleh karena itu, ibu hamil perlu mengonsumsi jagung. Sebab jagung kaya akan asam folat. Kandungan asam folat diperlukan untuk menurunkan risiko bayi lahir cacat.

8. Awet Muda

Manfaat jagung yang kedelapan ialah untuk antiaging atau awet muda. Kandungan antioksidan yang ada pada jagung membantu mengurangi keriput. Antioksidan juga dipercaya bisa membuat kamu terhindar dari penyakit-penyakit berbahaya dan membuat kamu menjadi awet muda. Mau kan awet muda hanya dengan mengonsumsi jagung?

Kandungan antioksidan ini juga dapat memperkuat helai rambut. Nah, jika kamu mengalami masalah rambut rontok, kamu bisa mengonsumi jagung agar rambutmu lebih kuat. Selain itu, kandungan vitamin E yang tinggi pada jagung juga ampuh menghilangkan bekas jerawat di wajah.

Nah, artikel di atas adalah manfaat jagung yang bisa kamu ketahui. Dengan mengonsumsi jagung, kamu tidak hanya mendapatkan kalori yang sehat, kamu juga mendapatkan sejumlah vitamin dan serat berkualitas yang baik untuk tubuh. Semoga artikel ini bermanfaat!

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Daerah Ini Ingin Gabung ke Jakarta
Artikel Selanjutnya
Menteri Jonan: Permukaan Tanah Jakarta Sudah Turun 40 Meter