Sukses

Manfaat Kentang Rebus untuk Kesehatan, Bisa Bantu Kontrol Berat Badan

Tak cuma lezat, manfaat kentang untuk tubuh juga sangat beragam.

Liputan6.com, Jakarta Kentang merupakan salah satu sumber karbohidrat yang cukup digemari sebagai pengganti nasi. Jenis umbi-umbian yang memiliki nama latin Solanum tuberosum ini tergolong mudah untuk diolah dan dikreasikan menjadi berbagai menu makanan. Baik itu untuk menu pembuka, utama, maupun penutup makan yang tentunya sangat enak.

Tak hanya enak nan lezat, kamu bisa mendapatkan berbagai kebaikan di dalam kentang, loh. Kentang dikenal sebagai salah satu sumber karbohidrat alami. Selain lezat dikonsumsi, kentang juga memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan tubuh. Kentang kaya akan nutrisi seperti vitamin A, B-kompleks,C, hingga asam folat. Dalam kentang juga ada zat solanin yang dikenal sebagai obat penenang, anti kejang, anti jamur, dan pestisidal.

Lebih lengkap, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (11/3/2019) ini manfaat kentang secara umum yang perlu kamu ketahui.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Kentang

Manfaat Kentang Bisa Bantu Kendalikan Gula Darah

Manfaat kentang dapat membantu mengendalikan gula dalam darah. Jadi, sumber karbohidrat satu ini cukup aman untuk penderita diabetes.

Kentang banyak mengandung pati atau yang biasa disebut dengan pati resisten ini tidak bisa diserap sepenuhnya oleh tubuh. Namun saat pati resisten masuk ke dalam usus besar, pati ini akan menjadi sumber nutrisi untuk bakteri baik yang ada di dalam usus.

Penelitian menyatakan bahwa pati resisten dapat membuat kerja insulin, hormone pengendali gula darah menjadi lebih optimal. Selain itu, pada sebuah penelitian dalam Medicine Baltimore tahun 2015, yang dilakukan pada orang yang mengalami diabetes tipe dua, juga menunjukkan bahwa setelah mengonsumsi makanan dengan pati resisten, gula darah terbukti lebih stabil.

Untuk meningkatkan kandungan pati resisten, kamu bisa menyimpan kentang rebus di dalam lemari es semalamam, lalu dimakan kembali selagi dingin.

Manfaat Kentang Bantu Jaga Tekanan Darah Normal

Manfaat kentang lainnya adalah dapat membantu menstabilkan tekanan darah. Kentang memiliki sumbet kalium yang baik, bahkan jumlahnya lebih banyak ketimbang buah pisang. Nah, kalium adalah mineral yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan cara merangsang pembuluh darah untuk melebarkan ukurannya.

Selain itu, kentang juga mengandung kalsium dan magnesium yang berperan untuk mengendalikan tekanan darah normal. Melansir dari Live Science, Institute for Food Research telah menemukan bahwa kentang juga mengandung bahan kimia yang disebut kukoamines. Ya, ini berhubungan juga untuk menurunkan tekanan darah.

Kentang Mengandung Antioksidan

Kentang sangat kaya dengan senyawa flavonoid, karetonoid, dan asam fenolik. Ya, senyawa-senyawa ini berperan sebagai antioksidan di dalam tubuh yang akan mencegah radikal bebas muncul. Seperti yang telah diketahui, kalau radikal bebas biasanya dapat merusak sel tubuh.

Bahkan kumpulan radikal bebas diyakini sebagai salah satu faktor risiko dari berbagai penyakit kronis seperti jantung, diabetes, dan kanker. Penelitian dari Nutrition and Cancer pada tahun 2011 menunjukkan bahwa, antioksidan dalam kentang dapat menekan pertumbuhan sel kanker hati dan usus besar.

 

3 dari 4 halaman

Khasiat Kentang untuk Kesehatan

Manfaat Kentang untuk Pencernaan

Pati resisten pada kentang ternyata juga bisa membantu memperbaiki sistem pencernaan, loh. Jadi, saat masuk ke dalam usus, pati resisten ini akan dimakan oleh bakteri baik. Kemudian bakteri baik ini akan mengubahnya menjadi asam lemak rantai pendek.

Asam lemak rantai pendek ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Misalnya saja untuk mengurangi risiko peradangan di usus besar, memperkuat pertahanan usus besar, dan mengurangi risiko kanker usus besar. Selain itu, asam lemak rantai dari pati resisten ini juga sangat penting untuk membantu orang yang sedang mengalami infeksi usus.

Bebas Gluten

Manfaat kentang lainnya adalah karena kandungannya yang bebas gluten. Gluten sendiri adalah jenis protein yang ditemukan dalam biji-bijian, seperti biji gandum. Walaupun kentang bebas gluten, tetapi tidak semua resep makanan dari kentang benar-benar bebas gluten.

Beberapa hidangan kentang mengandung gluten seperti dalam saus, atau roti kentang. Kalau kamu memiliki penyakit celiac atau sensitivitas gluten, pastikan terlebih dahulu untuk membaca daftar bahan lengkapnya.

Manfaat Kentang untuk Kesehatan Sistem Saraf dan Fungsi Otak

Vitamin B6 dalam kentang sangat penting untuk menjaga kesehatan neuron atau saraf. Vitamin B6 membantu menciptakan bahan kimia otak yakni, termasuk serotonin, dopamin, dan noreprinefrin menurut University of Maryland Medical Center. Kalium dalam kentang yang bisa mendorong pelebaran pembuluh darah juga membantu memastikan otak cukup mendapatkan darah.

Manfaat Kentang untuk Kesehatan Jantung

Karotenoid dalam kentang membantu menjaga fungsi jantung dengan baik. Vitamin C dan B6 juga membantu mengurangi radikal bebas pada sel jantung dan sel-sel tubuh lainnya. Vitamin B6 juga memiliki peranan penting dalam proses di dalam tubuh bernama proses metilasi.

4 dari 4 halaman

Manfaat Kentang Rebus untuk Kesehatan

Telah dijelaskan di atas tentang manfaat kentang secara umum. Selanjutnya, Liputan6.com juga telah merangkum manfaat kentang yang bisa kamu konsumsi dengan cara direbus. Telah dirangkum dari berbagai sumber, ini manfaat kentang rebus untuk kesehatan tubuhmu.

1. Mampu Mengolah Nutrisi Menjadi Energi

Kandungan vitamin B6 yang tinggi pada kentang sangat berfungsi memecah karbohidrat dan protein menjadi glukosa dan asam amino. Keduanya merupakan bahan bakar utama sebagai sumber energi bagi tubuh.

2. Melancarkan Pencernaan

Kentang kaya akan serat yang mampu melancarkan sistem pencernaan. Mengonsumsi serat juga bisa membantu mencegah jenis kanker tertentu terutama usus besar dan membantu mengatur kadar gula darah serta kolesterol.

Namun perlu diingat, bahwa kentang bisa mengandung alkaloid, solanin, dan chaconine yang beracun. Kentang yang dimasak pada suhu tinggi (lebih dari 170 derajat selsius), maka kemungkinan besar akan menghancurkan sebagian zat-zat beracun. Akibat dari zat beracun ini bila dikonsumsi dalam jumlah banyak makan dapat menyebabkan sakit kepala, lemah, kram otot, dan bisa menyebabkan kehilangan kesadaran dan koma.

3. Mengontrol Berat Badan

Manfaat kentang rebus yang paling umum diketahui adalah cocok buat diet. Mengonsumsi kentang rebus sebagai makanan pokok tidak akan mengakibatkan penambahan berat badan. Justru sebaliknya, akan mengurangi berat badan, tetapi dengan ketentuan kentang yang direbus tersebut tidak ditambahkan garam, keju, ataupun mayones.

Kentang yang mengandung serat pangan ini berfungsi sebagai cadangan makanan dalam tubuh dan mengakibatkan rasa kenyang bisa bertahan lebihnlama. Hal ini bisa bantu kamu untuk mengonsumsi makanan dan tubuh tetap memiliki energi cadangan untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.