Sukses

Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan, Dapat Mencegah Kanker

Liputan6.com, Jakarta Apakah kamu senang mengonsumi buah sirsak? Rasanya yang manis dan asam menyegarkan ini memang membuat beberapa orang menggemari buah bewarna hijau dan berduri ini. Beruntunglah kamu jika kamu termasuk salah satu orang yang senang mengonsumsi buah sirsak.

Pasalnya, daging buah sirsak kaya akan serat yang baik untuk tubuh. Disetiap 100 gram daging sirsak mengandung 3.3 gram serat yang dapat memenuhi 13 persen kebutuhan serat per hari.

Tidak hanya itu, kandungan gizi lainnya juga berguna untuk tubuh seperti vitamin C, vitamin B1 dan vitamin B2. Rasa yang enak dan banyaknya manfaat membuat buah ini sering digunakan untuk bahan baku jus minuman.

Dalam sejumlah penelitian kandungan zat-zat dalam buah sirsak terbukti mampu menangkal beragam penyakit. Tentunya, buah ini menjadi buah yang wajib untuk dikonsumi karena manfaat buah sirsak untuk kesehatan cukup banyak.

Untuk lebih lengkapnya berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber manfaat buah sirsak untuk kesehatan, Senin (11/3/2019).

2 dari 3 halaman

Manfaat buah Sirsak

1. Baik untuk Kesehatan Pencernaan

Ternyata, setiap 100 gram daging sirsak mengandung 3.3 gram serat yang dapat memenuhi 13 persen kebutuhan serat per hari. Dengan kandungan seratnya mampu memperlambat pencernaan dan menjaga kadar gula darah agar tetap stabil.

Tidak hanya itu, buah ini juga mampu membantu melawan penyakit jantung dengan menurunkan kolesterol jahat. Selain itu, jus buah sirsak ternyata dapat dijadikan sebagai obat jika kamu mengalami rasa sakit ketika buang air kecil.

2. Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat buah sirsak untuk kesehatan yang kedua adalah untuk sistem kekebalan tubuh. Buah sirsak mampu mencegah penyakit akibat serangan virus sperti flu, herpes dan lainnya. Penelitian dari BioMed Research International yang menunjukkan bahwa kandungan vitamin C yang ada pada buah sirsak mampu meminimalkan flu. Dengan mengonsumsi buah sirsak secara rutin dipercaya mampu memperbaikin sistem kekebalan tubuh sehingga kamu tidak mudah jatuh sakit.

Selain dibarengi dengan pola hidup yang sehat, kamu juga bisa mengonsumsi buah sirsak secara rutin untuk memperbaiki sistem kekebalan tubuh.

3. Mencegah kanker

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh tim dari Biochemistry and Molecular Biology di University of Nebraska Medical Center, menunjukkan manfaat buah sirsak untuk kesehatan mampu membunuh kanker dengan cara memasuki metabolisme sel kanker . Kemudian menghentikan perkembangan sel kanker tersebut secara total.

Jus sirsak dapat mengurangi pertumbuhan sel kanker pada kulit pasien yang menderita penyakit kanker payudara. Tentunya tanpa merusak jaringan payudara yang masih sehat.

4. Memperkuat tulang

Manfaat buah sirsak untuk kesehatan yang keempat ialah untuk memperkuat tulang. Dalam buah sirsak terdapat mineral kalsium dan fosfor yang mampu mencegah tulang keropos atau osteoporosis. Buah ini juga sangat dianjurkan bagi wanita yang mengalami menopause. Hal ini adalah cara terbaik untuk melindungi tulang dari penipisan estrogen.

5. Awet Muda

Manfaat buah sirsak untuk kesehatan yang kelima ialah untuk antiaging atau awet muda. Dari satu cangkir sirsak, kamu akan mendapatkan setidaknya 46 mg vitamin C yang dapat membantu mengurangi keriput. Berkat kandungan vitamin C yang ada dalam buah ini membuat sirsak menjadi antioksidan yang sangat baik untuk tubuh.

Antioksidan dipercaya bisa membuat kamu terhindar dari penyakit-penyakit berbahaya dan membuat kamu menjadi awet muda. Mau kan awet muda hanya dengan segelas sirsak?

3 dari 3 halaman

Manfaat Daun Sirsak

Rupanya tidak hanya buah sirsak yang kaya akan manfaat. Tetapi juga daun buah sirsak memiliki manfaat yang tak kalah menjanjikan. Daun sirsak mampu mengatasi asam urat, rematik dan diabet.

1. Anti Kanker

Para ilmuwan di Universitas Sebelas Maret Surakarta, Jawa Tengah, melakukan penelitian daun sirsak sebagai obat kanker serviks dan nasofaring. Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa daun sirsak merupakan bahan alam yang memiliki potensi sebagai agen antikanker. Bahkan, Sirsak juga memiliki bahan aktif 1000 kali lebih kuat daripada kemoterapi.

Caranya dengan merebus 10 lembar daun sirsak dan tuangkan dalam satu gelas cangkir. Kemudian minum ramuan ini setiap pagi selama 3-4 minggu.

2. Mengobati Asam Urat

Kandungan pada daun sirsak yang antara lain adalah acetogenin, annocatalin, asam gentisic, annomuricin, caclourin, dan asam linoleat dimanfaatkan untuk mengobati asam urat.

Untuk merasakan manfaat daun sirsak untuk asam urat, caranya dengan meminum air rebusan daun sirsak. Caranya dengan merebus 10 lembar daun sirsak, pilihlah yang agak tua, dengan 3 gelas air mineral. Rebus hingga air hanya tersisa nya saja. Kamu bisa meminumnya dalam keadaan hangat atau dingin. Minum setiap pagi agar manfaat daun sirsak cepat dirasakan.

3. Meringankan wasir

Wasir merupakan suatu kondisi dimana terjadi pelebaran dari pembuluh darah yang berlokasi di sekitar anus. Pembuluh darah anus yang melebar ini seringkali teregang hebat, menipis, dan teriritasi. Dalam fase ini pasien mengalami rasa sangat sakit hingga berdarah.

Menariknya, penyakit ini dapat diobati dengan daun sirsak. Daun sirsak mengandung zat yang dapat menghentikan perdarahan rektum dan juga membuat otot-otot sekitar dubur menjadi lebih rileks.

Nah, artikel di atas adalah manfaat buah sirsak untuk kesehatan. Tapi ingat, tanpa dibarengi dengan pola hidup yang sehat, mengonsumsi buah sirsak pun tidak akan bermakna.

Aksi Sekelompok Orang Pukul Buaya dengan Palu
Loading
Artikel Selanjutnya
Manfaat Daun Sirsak untuk Wanita, dari Kesehatan hingga Kecantikan