Sukses

Penyakit Alzheimer, Penyebab dan Gejala Serta Bedanya dengan Demensia

Liputan6.com, Jakarta Apa yang terlintas dalam benakmu jika mendengar mengenai penyakit alzheimer? Penyakit alzheimer sendiri ialah penyakit degeneratif progresif pada otak yang umumnya menyerang orang tua. Selain itu, penyakit ini juga kerap dikaitkan dengan perkembangan plak-plak beta amiloid pada otak.

Penyakit alzheimer sendiri sering ditemukan pada orang-orang yang telah menginjak usia 65 tahun. Seiring dengan bertambahnya usia, maka resiko meningkatnya penyakit alzheimer pun semakin bertambah.

Alzheimer bukanlah jenis penyakit menular. Penyakit alzheimer merupakan jenis sindrom dengan apoptosis sel-sel otak pada waktu yang hampir bersamaan. Hal inilah yang mengakibatkan otak tampak mengecil. Nama penyakit alzheimer pun diambil oleh seorang ilmuwan asal Jerman yaitu Alois Alzheimer.

Alzheimer sendiri merupakan penyakit yang membuat jaringan pada otak rusak seiring dengan berjalannya waktu. Hal ini bisa mengakibatkan sang pasien menderita kepikunan ringan ataupun terlihat bingung. Penyebab pasti dan juga pengobatannya dari penyakit alzheimer ini pun belum benar-benar diketahui.

2 dari 4 halaman

Beda Penyakit Alzheimer dan Demensia

Meskipun sama-sama penyakit pada gangguan pada otak, nyatanya keduanya pun berbeda. Alzheimer sendiri ternyata ialah penyakit gangguan pada sel otak. Selain itu, alzheimer juga merupakan salah satu penyebab dari penyakit demensia.

Demensia sendiri merupakan gangguan pada fungsi kognitif dalam otak. Penyebab dari penyakit demensia ini pun bisa terjadi lebih dari satu gangguan fungsi kognitif. Sama seperti alzheimer, penyebab pasti dari demensia pun belum benar-benar diketahui.

Namun, meski penyebab pasti dan cara pengobatannya belum benar-benar diketahui, ada beberapa hal yang bisa kamu jadikan tanda jika seseorang menderita penyakit alzheimer. Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini penyebab dan juga gejala penyakit alzheimer yang perlu kamu ketahui, Senin (4/3/2019).

3 dari 4 halaman

Gejala Penyakit Alzheimer

Gejala bagi penderita penyakit alzheimer ini bisa berkembang dalam tiga tahapan. Tahapan gejala dari pasien ialah tahap awal, tahap menengah dan juga tahap akhir.

Tahap Awal

Pada tahap ini termasuk dalam gejala utama penyakit alzheimer. Pasien sendiri akan kehilangan ingatannya secara sedikit demi sedikit. Berikut ini gejala dari alzheimer pada tahap awal yang harus kamu tahu.

1. Sering lupa dengan hal-hal yang belum lama dibicarakan

2. Sering lupa dengan nama tempat ataupun benda

3. Sering menceritakan hal yang sama secara berulang

4. Bingung dan tersesat pada suatu tempat meski sering berkunjung

5. Sering salah menaruh barang dan lupa cara menggunakannya

6. Mulai kesulitan dalam berkomunikasi serta sulit untuk menulis

7. Lebih banyak menghabiskan waktu untuk menyendiri dan enggan untuk bersosialisasi

8. Tidak mau beradaptasi dengan perubahan yang ada

Tahap Menengah

Pada tahap ini, tingkat dari gejala penyakit alzheimer ini akan bertambah dari sebelumnya. Sehingga seseorang yang telah masuk tahap menengah, sebaiknya perlu diberikan perhatian lebih dan juga dibantu untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

1. Sulit untuk mengingat nama keluarga dan juga sahabat

2. Sering berhalusinasi

3. Sering kebingungan

4. Perubahan pada suasana hati pun sering terjadi dan juga cepat

5. Mengalami kesulitan untuk berkomunikasi

6. Sering merasa cemas, frustasi dan juga gelisah

Tahap Akhir

Pada gejala di tahap akhir ini, pasien penderita penyakit alzheimer ini benar-benar memerlukan dukungan dan juga bantuan orang terdekat. Selain itu, orang-orang terdekat yang membantu dan juga memberi dukungan biasanya kerap mengalami tekanan pada diri sendiri. Berikut ini beberapa gejala penyakit alzheimer di tahap akhir.

1. Kesulitan untuk bergerak jika tak dibantu oleh orang lain

2. Sering buang air kecil dan juga buang air besar tanpa disadari

3. Penurunan pada daya ingat

4. Tidak bisa untuk beraktivitas secara normal

5. Kesulitan untuk berkomunikasi

6. Sulit untuk makan sendiri dan juga menelannya

7. Penurunan berat badan secara drastis

4 dari 4 halaman

Penyebab Penyakit Alzheimer

Tentu saja jika mengalami gejala dari penyakit alzheimer, pastinya ada pemicu ataupun penyebab. Penyebab dari penyakit alzheimer sendiri memang belum diketahui, akan tetapi beberapa faktor pun bisa dijadikan sebagai pendukung untuk meningkatkan resiko penyakit ini.

1. Umur

Faktor umur ini bisa dikatakan sebagai faktor terkuat yang menyebabkan seseorang menderita alzheimer. Seseorang yang berusia 65 tahun, kemungkinan untuk mengalami penyakit ini cukup besar.

2. Genetik

Faktor genetik pun bisa menyebabkan adanya alzheimer. Penyebab ini pun bisa terjadi pada seseorang di mana memiliki orangtua yang memiliki penyakit alzheimer.

3. Gaya hidup

Ternyata gaya hidup yang kurang sehat pun bisa menjadi salah satu penyebab seseorang menderita alzheimer.

4. Memiliki daftar riwayat penyakit tertentu

Bagi yang memiliki daftar riwayat penyakit hipertensi, kardiovaskular, diabetes, obesitas, hiperkolesterolemia serta meningkatnya kadar homocyteine, kamu perlu untuk waspada.

5. Wanita

Penderita alzheimer sendiri kebanyakan wanita dibandingkan dengan kaum pria.

Jika kamu ataupun anggota keluarga memiliki gejala penyakit alzheimer seperti yang tertera di atas, lebih baik untuk membawa dan berkonsultasi dengan dokter ahli.

Loading
Artikel Selanjutnya
Cegah Alzheimer Saat Tua, Ini 4 Aktivitas yang Perlu Dilakukan Sejak Muda
Artikel Selanjutnya
Punya Penyakit Langka, Bocah 6 Tahun Terkena Demensia di Masa Muda