Sukses

7 Kebiasaan Sederhana yang Bikin Hubungan Langgeng dan Bahagia

Hubungan langgeng dan bahagia dari sepasang suami istri tidak datang begitu saja. Tentu perlu usaha.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki hubungan langgeng dan bahagia tentu harapan banyak pasangan suami istri. Namun, hal itu tidak terjadi begitu saja. Baik Anda dan si Dia butuh usaha untuk mewujudkannya.

Seperti dilansir Huffington Post, Senin (4/3/2019) ini pendapat para pakar untuk mempertahankan hubungan langgeng yang bahagia, lewat kebiasaan sehari-hari:

1. Selalu mencium pasangan Anda ketika akan pergi dan pulang

"Banyak orang dalam hubungan yang tidak bahagia mengatakan bahwa mereka sulit mengingat kapan terakhir saling mencium. Lewat kecupan di kening atau pipi menunjukkan bahwa Anda memprioritaskan hubungan ini. Bahkan itu penting ketika Anda dan pasangan sibuk dari pagi hingga malam," kata psikolog hubungan Samantha Rodman.

2. Memuji

"Semua orang membutuhkan pujian, terutama pujian dari pasangan mereka," kata seksolog bersertifikat Pepper Schwartz.

Tidak peduli berapa lama Anda sudah bersama, suatu pujian sederhana seperti, "Kamu cantik dengan potongan rambut itu" atau "Aku sangat bangga padamu" dapat menjadi faktor penting sebuah hubungan yang bahagia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Berbeda pendapat dengan argumen logis

Pasangan bahagia juga bisa berbeda pendapat. Namun, cara menyampaikan itu harus logis dan mau menerima pendapat pasangan. "Begitulah cara pasangan mengatasi ketidaksepakatan yang dapat berakibat buruk bagi pernikahan mereka," ungkap Kurt Smith, ahli terapi khusus konseling untuk pria.

4. Tidak berekspektasi tapi bertanya kebutuhan pasangan

Pasangan Anda bukanlah seorang paranormal yang bisa mengetahui isi hati dan pikiran. Daripada sibuk memprediksi keinginannya, lebih baik menanyakan langsung.

"Kami melihat bahwa pasangan bahagia terbiasa untuk menanyakan apa yang mereka butuhkan dan mendengarkan kebutuhan pasangan," kata pakar hubungan Danielle Harel.

 

3 dari 3 halaman

5. Sering tertawa bersama

"Ketika pasangan melakukan hal-hal di luar kebiasaan, lalu tertawa bersama, membuat hubungan penuh bahagia dan semangat," kata Samantha Rodman.

6. Membahas keuangan bersama

Sampai saat ini, persoalan keungan menjadi penyebab perceraian paling sering. Namun sayang, banyak pasangan menghindari membicarakan hal ini sampai masalah yang besar datang.

"Biasakan untuk membicarakan masalah keuangan, meski masalah itu kecil, adalah salah satu hal paling cerdas yang dapat Anda lakukan untuk memastikan pernikahan Anda bahagia dan tahan lama," kata Kurt Smith.

7. Ingat, bahwa Anda dan dia satu tim

Jika diantara Anda atau pasangan memiliki keraguan tertentu, ada baiknya membicarakan langsung satu sama lain. Barangkali Anda atau pasangan bisa saling memberikan opini tertentu.

"Ketika bergumul dalam permasalahan, tidak jarang Anda merasa bahwa pasangan berada di tim yang sama sekali berbeda. Ingatlah bahwa Anda berada di tim yang sama dan Anda berdua saling memperhatikan [satu sama lain]," kata psikolog Marie Land.

 

Penulis: Dara Elisabeth

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.