Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Wanita yang Baru Menikah seperti Syahrini Rentan Kena Honeymoon Cystitis, Apa Itu?

Bagi Anda para wanita yang akan menyusul Syahrini, sebaiknya memahami apa itu honeymoon cystitis

Liputan6.com, Jakarta Pengantin baru seperti Syahrini dan Reino Barack rentan mengalami masalah kesehatan saat sedang bulan madu. Kondisi yang harus diwaspadai itu biasa disebut honeymoon cystitis.

Dunia kedokteran menggunakan istilah ini untuk menggambarkan kesehatan kandung kemih wanita yang baru menikah. Cystitis sendiri merupakan infeksi yang terjadi pada kandung kemih.

 

Dr Nadia Octavia dari Klik Dokter menyebut sekitar 75 sampai 90 persen wanita yang baru menikah kayak Syahrini akan mengalami infeksi pada kandung kemihnya.

Hal ini disebabkan tingginya frekuensi berhubungan seks saat baru menikah. Selain itu, wanita yang baru pertama berhubungan seks atau baru melakukan seks kembali setelah lama tidak berhubungan seks, juga rentan mengalami honeymoon cystitis.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gejala Honeymoon Cystitis

Hampir setengah dari seluruh wanita mengalami cystitis setidaknya satu kali dalam hidupnya. Honeymoon cystitis sendiri sering ditemukan pada wanita di usia 20-an dan 50-an.

Saat sedang berhubungan seks, bakteri E.coli yang ada di kulit sekitar anus dapat masuk ke saluran uretra (saluran kemih) Anda, semisal melalui jari atau pasangan Anda.

E. coli inilah yang kemudian menyebabkan cystitis. Selain itu, wanita memang lebih berisiko tinggi untuk mengalami infeksi saluran kemih karena uretra yang lebih pendek, sehingga bakteri E.coli lebih mudah masuk.

 

3 dari 4 halaman

Rasa Terbakar

Gejala yang dapat dialami wanita saat honeymoon cystitis, antara lain:

  1. Keinginan untuk sering buang air kecil (BAK)
  2. Rasa terbakar saat BAK
  3. Sering BAK namun dalam jumlah sedikit
  4. Adanya darah di urine (hematuria)
  5. Urine keruh atau berbau
  6. Rasa tidak nyaman di area panggul
  7. Rasa nyeri atau tidak nyaman di perut bawah
  8. Demam ringan

 

4 dari 4 halaman

Cara mencegah honeymoon cystitis

Cara mencegah Agar Anda tak terkena honeymoon cystitis, sebaiknya perbanyak minum air putih. Hindari terlalu banyak minum kopi dan soda karena bisa mengiritasi kandung kemih. Berdasarkan studi yang dipublikasikan di Journal of the American Medical Association, konsumsi jus buah cranberry secara rutin bisa menghindarkan Anda dari cystitis.

Jangan pula menahan BAK. Selain itu, Anda juga perlu BAK setelah berhubungan seks. Memang beberapa wanita merasa kesulitan untuk langsung BAK setelah berhubungan seks karena otot-otot di area saluran kemih belum relaks. Namun, urine yang "tertahan" di kandung kemih bisa meningkatkan risiko infeksi.

Wanita postmenopause juga sering mengalami kesulitan untuk BAK setelah berhubungan seks, karena adanya perubahan pada vagina dan uretra akibat menopause.

Meski menimbulkan rasa tidak nyaman saat berkemih, penyakit ini dapat diobati dengan penanganan yang tepat. Jika diagnosis infeksi saluran kemih telah ditegakkan, dokter akan memberikan obat antibiotik untuk menghilangkan bakteri penyebab infeksi. Dengan terapi secara teratur selama 7 hari, umumnya pasien sudah mampu mengatasi keluhan-keluhan yang terjadi akibat infeksi saluran kemih.

Bagi para pengantin baru seperti Syahrini, risiko terkena honeymoon cystitis bisa mengintai. Untuk pencegahannya, beberapa cara di atas bisa Anda terapkan. Namun jika tak kunjung membaik, Anda bisa memeriksakan diri kembali kepada dokter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini