Sukses

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Wanita dan Makanan yang Perlu Dikonsumsi

Cara menjaga kesehatan antara pria dan wanita berbeda.

Liputan6.com, Jakarta Menjaga kesehatan tubuh menjadi kewajiban bagi setiap orang. Tak melihat itu pria atau wanita. Setiap orang wajib menjaga kesehatan tubuhnya agar tetap selalu bugar dan memiliki kondisi tubuh yang optimal.

Namun, dalam praktik menjalankan atau menjaga kesehatan tubuh, antara pria dan wanita memiliki perbedaan. Menjaga kesehatan pria dan wanita memiliki caranya masing-masing untuk agar tetap sehat. Menjadi berbeda karena porsi kebutuhan antara pria dan wanita berbeda.

Kesehatan wanita perlu selalu dijaga dan dirawat setiap saat. Ada beberapa cara menjaga kesehatan tubuh wanita yang berbeda dengan cara pria untuk menjaga kesehatannya. Faktor yang menjadikan pembeda kesehatan wanita adalah anatomi tubuh pada wanita khususnya yang terkait dengan kesehatan alat reproduksi.

Berikut Liputan6.com, rangkum dari berbagai sumber Rabu (27/2/2019) terkait cara menjaga kesehatan tubuh wanita yang perlu diketahui. Selain itu, ada juga makanan yang perlu kamu konsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh wanita.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Wanita

Berikut ini cara menjaga kesehatan tubuh wanita yang bisa kamu terapkan.

1. Menerapkan Hidup Sehat

Kamu perlu membiasakan hidup sehat mulai saat ini. Menjadi hal wajib, karena dengan menerapkan hidup yang sehat, akan bantu kamu menangkal terjadinya stress. Cara menjaga kesehatan tubuh wanita ini bisa dilakukan dengan menjaga kebersihan lingkungan, menjaga pikiran dari hal-hal negatif, menjaga kebersihan tubuh, dan juga kebersihan pakaian yang dikenakan.

2. Memperhatikan Pola Makan

Salah satu cara menerapkan hidup sehat, bisa kamu lakukan dengan pola makan yang seimbang. Ini merupakan kunci dalam menjaga kesehatan tubuh wanita agar tetap sehat dan bugar. Menghindari konsumsi makanan yang tidak baik bagi tubuh seperti minuman bersoda, makanan cepat saji, gorengan, dan selalu memperhatikan asupan gizi maka kamu akan selalu sehat.

3. Hindari Stres Berlebihan

Kesehatan tubuh kamu juga bisa terjadi melalui faktor psikis, loh. Oleh karena itu, pentingnya untuk menghindari stress yang berlebihan guna menjaga tubuh kamu tetap sehat bugar dan juga fit.

Hal yang bisa kamu terapkan adalah coba untuk selalu berbaik sangka dan berpikir positif. Kalau kamu selalu berpikir yang baik-baik dan tidak buruk sangka pada orang, maka kamu dapat menghadapi masalah dengan mudah dan stress pun tidak akan terjadi.

4. Olahraga dengan Teratur

Melakukan olahraga dengan rutin dan teratur setiap hari dapat menjaga kondisi tubuh kamu agar tetap sehat, loh. Karena tubuh mu perlu digerakkan agar otot-otot dapat bergerak dan merangsang tubuh agar tetap bugar. Selain itu, dengan melakukan olahraga teratur dan rutin, kamu akan memiliki berat badan yang ideal.

5. Hindari Kebiasaan Buruk

Jika kamu termasuk yang suka merokok atau mengonsumsi alkohol, sebaiknya mulai kurangi dan berhenti untuk mengonsumsinya. Kebiasaan buruk seperti merokok dan suka mengonsumsi alkohol membawa pengaruh yang tidak bagi kesehatan.

Sempatkan diri untuk meluangkan waktu setiap harinya dengan melakukan relaksasi. Bila memungkinkan, lakukan juga pemeriksaan rutin ke dokter untuk mengontrol kesehatanmu. Ingat, lebih baik mencegah daripada mengobati.

3 dari 4 halaman

Makanan Sehat yang Baik untuk Kesehatan Tubuh Wanita

1. Pepaya

Memiliki kandungan beta-karoten dan likopen, yang bermanfaat untuk menurunkan risiko kanker leher rahim dan payudara. Ya, kedua penyakit paling mematikan bagi para wanita. Dengan mengonsumsi papaya secara rutin, kamu akan terhindar dari risiko penyakit jantung. Karena kandungan antioksidannya dapat membantu menjaga kolesterol dan tekanan darah dari lonjakan drastis sebagai akibat penuaan.

2. Alpukat

Mengandung asam lemak tak jenuh tunggal terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh wanita. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa diet alpukat dapat membantu menghilangkan lemak perut dan melindungi mata serta kulit, loh.

3. Buah Beri-berian

Buah beri-berian seperti blueberry, raspberry, dan blackberry ternyata memiliki manfaat yang baik untuk wanita, loh. Buah yang mengandung flavonoid dan antioksidan ini berfungsi untuk melindungi sel-sel sehat dari kerusakan.

Buah ini cocok juga buat kamu yang sudah memasuki usia lanjut, karena mampu menjaga ketajaman otak agar tidak mudah lupa atau pikun.

4 dari 4 halaman

Konsumsi makanan sehat secara rutin

4. Edamame

Mengandung banyak serat dan lemak baik yang dapat menjaga fungsi organ tubuh wanita agar tetap bekerja secara maksimal. Tidak hanya itu, edamame yang juga mengandung isoflavon, senyawa yang mirip dengan estrogen yang bisa menjadi teman saat usis menopause. Pasalnya, edamame sangat membantu mengatasi sensasi panas dalam tubuh saat menopause.

5. Brokoli

Kandungan sulforaphane, yang merupakan zat kimia yang dapat membantu menurunkan kelebihan estrogen dalam tubuh sehingga mencegah risiko kanker. Kandungan vitamin dan mineralnya juga penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh seperti vitamin C, vitamin A, serat, folat, kalsium, zat besi, dan kalium. Oleh karena itu, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi setidaknya 500 gram brokoli dalam seminggu.

6. Kacang

Kalau kamu memiliki masalah hipertensi atau diabetes, sebaiknya kamu mengonsumsi kacang-kacangan. Kaya akan serat dan rendah lemak, akan memberikan manfaat untuk menurunkan tekanan darah dan gula darah. Kamu bisa mengonsumsi kacang merah, kacang kenari, atau kacang alamond.

7. Yogurt

Kandungan kalsium pada yogurt bantu kamu agar terhindar dari osteoporosis. Ya, sumber kalsium terbaik terletak pada susu. Namun jangan khawatir buat kamu yang tak bisa mengonsumsi susu. Kamu bisa menggantinya dengan yogurt, karena sumber kalsiumnya tak kalah penting dari susu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini