Sukses

Waspada, Makin Banyak Wanita Muda yang Kena Serangan Jantung

Bukan cuma orang tua, kini serangan jantung mulai mengintai orang yang makin muda.

Liputan6.com, Jakarta Usia wanita dengan serangan jantung semakin muda. Hampir sepertiga dari total pasien serangan jantung adalah wanita muda di Amerika Serikat.

"Dibandingkan tahun-tahun dulu, wanita generasi muda sekarang kurang begitu sehat," kata salah satu peneliti yang juga ahli epidemiologi kardiovaskular dari University of North Carolina Chapel Hill School of Medicine, Melissa Caughey.

Dalam studi ini, peneliti menganalisis rekam medis 30 ribu orang usia 35-74 yang masuk rumah sakit karena serangan jantung. Mereka terkena serangan jantung dari 1995-2014.

Berdasarkan analisis, pada 1995-1999, wanita usia muda (35-54) yang terkena serangan jantung ada 21 persen. Namun, pada 2010-2014 terjadi lonjakan angka yang terkena serangan jantung yakni 31 persen.

Pada pria, memang terjadi peningkatan usia muda, tapi tidak terlalu drastis seperti dilansir Time, Minggu (24/2/2019).

Pada wanita-wanita yang sudah terkena serangan jantung ditemui beberapa penyakit juga. Diantaranya tekanan darah tinggi, diabetes, ginjal dan stroke.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penyebab

Caughey memprediksi faktor obesitas, stres, dan aktivitas fisik yang rendah membuat banyak wanita yang terkena masalah kesehatan seperti serangan jantung di usia yang makin muda.

Dari catatan Caughey juga menemukan bahwa terdapat perbedaan pelayanan serangan jantung antar pria dan wanita. "Wanita muda yang terkena serangan jantung tidak mendapatkan pengobatan sesuai pedoman yang ada," kata Caughey.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.