Sukses

Masuk Angin Gejala dari Serangan Jantung, Tak Dianjurkan Kerokan

Kerokan tidak dianjurkan untuk mengatasi masuk angin

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang yang beranggapan bahwa kerokan lebih efektif untuk meredakan masuk angin ketimbang minum obat.

Namun, siapa yang mengira, masuk angin yang tidak dianjurkan diatasi dengan kerokan, karena kondisi itu merupakan gejala dari serangan jantung

"Ini sebenarnya merupakan gejala pompa jantung yang terganggu," kata dokter spesialis jantung dan pembuluh darah, Ade Median Ambari, dalam diskusi media  Jakarta, Senin 18 Februari 2019.

Dia menambahkan, gejala itu diawali dengan nyeri di ulu hati, badan terasa pegal, mual, dan muntah. "Itulah yang dikira masuk angin," tambah Ade.

Terhambatnya kinerja jantung disebabkan oleh pembuluh darah yang tersumbat. Hal ini dapat memberi sensasi nyeri di bagian dada, pegal, sensasi kesemutan di lengan atas sampai tercekik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bisa Picu Kematian Otot Jantung

Jika dibiarkan, kata dia, akan terjadi kondisi Sindrom Koroner Akut (SKA) di mana jantung kehilangan kemampuannya untuk bekerja. SKA adalah peristiwa terjadinya kematian otot jantung.

"Semakin luas otot yang mati, maka semakin besar kemungkinan pasien meninggal dunia," tutur Ade.

Kondisi ini harus diatasi dengan tindakan medis. Kerokan justru memperburuk keadaan, terutama untuk pasien yang sedang mengonsumsi obat pengencer darah.

 

3 dari 3 halaman

Mengenal `Kerokan` di Berbagai Negara

Sebab, kerokan pada dasarnya hanya melukai pembuluh darah sehingga terlihat merah dari permukaan kulit. Pecahnya pembuluh darah dapat memperbesar risiko kematian.

Masuk angin yang berlangsung lebih dari 20 menit patut dicurigai. Terutama ketika sakit terasa semakin hebat, disertai dengan keringat dingin, mual hingga muntah.

" Dalam penyakit jantung, time is muscle. Masa emas atau golden period hanya 12 jam. Jika lewat dari itu akan semakin jelek prognosisnya bahkan bisa gagal jantung," tambah Ade.

Penulis :  Annisa Mutiara Asharini / Dream.co.id

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.