Sukses

Cara Menambah Berat Badan Secara Alami, Agar Bisa Tampil Ideal dan Sehat

Liputan6.com, Jakarta Memiliki tubuh yang ideal adalah dambaan semua orang. Baik wanita maupun pria. Untuk mendapatkan tubuh yang ideal banyak cara yang dapat dilakukan. Namun tentu saja untuk mencapai keinginan tersebut hendaknya tidak melupakan aspek kesehatannya.

Mendapatkan tubuh yang ideal dengan cara yang sehat tentu saja memberikan efek yang baik untuk kedepannya. Jika mengambil cara yang tidak sehat seperti diet ekstrem atau mengonsumsi obat-obatan yang terlalu banyak juga tidak baik bagi tubuh. Bukannya mendapatkan tubuh yang ideal, kemungkinan justru mendapatkan hal sebaliknya. Tubuhmu akan kekurangan nutrisi dan mendatangkan berbagai penyakit.

Di balik gegap gempita banyak orang yang ingin menguruskan badan, banyak orang yang ingin menambah berat badan. Beberapa orang kurus yang ingin menambahkan berat badannya biasanya memiliki alasan berat badannya yang dibawah rata-rata.

Berat badan dibawah rata-rata terkadang membuat orang merasa khawatir. Selain itu, mendapatkan omongan dari orang sehingga menimbulkan rasa malu. Dari keadaan tersebut tak jarang banyak orang yang mencari cara menambah berat badan secara cepat. Alasan terakhir, karena memang susah menambah berat badan. Mereka susah untuk menaikkan berat badan padahal sudah makan banyak setiap hari.

Jika kamu memiliki berat badan dibawah rata-rata dan ingin memiliki tubuh yang ideal, ada cara menambah berat badan secara alami yang tentunya sehat sehingga bisa kamu tiru dan lakukan. Tanpa menggunakan obat-obatan untuk menambahkan berat badanmu secara cepat.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (22/2/2019) ada cara menambah berat badan secara alami yang tentu saja tak akan menyiksa tubuhmu dengan bahan-bahan kimia. Dengan cara-cara yang alami, maka tubuhmu akan terisi nutrisi dan gizi yang baik untuk menambah berat badanmu. Berikut beberapa cara menambah berat badan secara alami yang bisa membantumu mendampatkan tubuh yang ideal secara sehat.

2 dari 4 halaman

Ubah Konsumsi Makanmu

1. Pilih Makanan Nutrisi Tinggi

Makanan dengan nutrisi tinggi bisa kamu dapatkan dari sering mengonsumsi banyak buah, sayur dan juga kacang-kacangan. Dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi, kamu akan menyuplai makanan berlemak dan kalori tinggi ke dalam tubuhmu.

2. Makan Lebih Sering

Jika biasanya kamu makan dalam sehari tiga kali, kamu bisa meningkatkan intensitasnya. Tips dan triknya adalah kamu bisa makan lima sampai enam kali dengan porsi yang kecil. Lebih sering makan akan lebih baik karena orang yang kurus biasanya lebih cepat merasa kenyang.

3. Perbanyak Konsumsi Karbohidrat

Cara menambah berat badan secara alami yang cukup banyak dilakukan orang adalah banyak konsumsi makanan berkarbohidrat. Cara ini dianggap cukup jitu tanpa harus konsumsi obat-obat. Karbohidrat bisa kamu dapatkan dari nasi, kentang, singkong, ubi jalar, gandum sampai tepung. Namun tetap jangan berlebihan ya.

3 dari 4 halaman

Minuman yang Sehat Untuk Menambah Berat Badan

4. Konsumsi Jus dan Smoothies

Cara menambah berat badan secara alami selanjutnya adalah kamu disarankan untuk konsumsi jus atau smoothies. Jus dan smoothies akan mudah diserap oleh tubuh karena teksturnya yang lebih halus dari makanan.

5. Konsumsi Susu dan Madu

Susu adalah salah satu cara menambah berat badan secara alami yang paling terkenal setelah karbohidrat. Selain susu kamu bisa selingi dengan yogurt, puding atau es krim. Selain susu, madu juga disarankan.

6. Jangan Minum Sebelum Makan

Walaupun terdengar sederhana, tetapi trik ini bisa kamu jadikan cara menambah berat badan secara alami, lho. Hal ini dilakukan agar kamu tidak merasa kenyang lebih dulu sebelum makan. Kamu disarankan untuk minum saat makan atau 30 menit setelahnya.

7. Banyak Minum Air Putih

Banyak orang yang sudah tahu jika air putih memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan. Kamu bisa membagi jam minum air outih dimulai dari bangun tidur dipagi hari, siang, sore hingga malam agar kebutuhan air putih dalam tubuh terpenuhi.

4 dari 4 halaman

Rutin Berolahraga

8. Olahraga Namun Hindari Olahraga Jenis Kardio

Olahraga secara rutin menjadi salah satu cara menambah berat badan secara alami. Olahraga tak hanya untuk menurunkan berat badan tapi juga menambah berat badan. Namun kamu disarankan untuk tidak oleharga jenis kardio secara sering. Kamu bisa lakukan olahraga jenis kardio dengan waktu 30 menit saja sebanyak 5 kali dalam seminggu saja. Selain itu hindari olahraga aerobik. Kamu bisa lakukan olahraga anaerobik.

9. Konsumsi Cemilan Sehat

Disela kegiatanmu, kamu bisa diselingi dengan cemilan yang sehat. Seperti makan buah atau kacang kedelai. Buah yang bagus untuk menambah berat badanmu adalah buah pisang. Kurangi untuk cemilan yang mengandung banyak minyak. Yang digoreng atau direndam dengan minyak untuk mengurangi kadar kolesterol.

10. Hindari Begadang dan Merokok

Begadang adalah musuh besar buat kamu jika kamu ingin menambah berat badan. Selain itu begadang juga beresiko mendatangkan penyakit lainnya. Tak hanya begadang, kamu juga sangat disarankan untuk tidak merokok. Karena rokok dapat memicu tubuh untuk tidak merasa laparsehingga nafsu makan menjadi turun.

Loading
Artikel Selanjutnya
Benarkah Berat Badan Bisa Bertambah Karena Kurang Tidur?
Artikel Selanjutnya
Studi: Diskriminasi terhadap Berat Badan Kian Meningkat di Tempat Kerja