Sukses

Diet OCD adalah Boleh Makan Sesuka Hati, Ini Tata Caranya yang Benar

Liputan6.com, Jakarta Memiliki bentuk badan yang ideal menjadi hal yang diidam-idamkan oleh banyak orang. Tidak hanya kaum wanita yang ingin memiliki bentuk tubuh ideal, kaum Adam pun juga sama. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan tubuh yang ideal adalah dengan melakukan diet.

Diet enggak melulu soal ngurusin badan atau ngurangin makan. Pengertian diet sendiri adalah sebuah metode yang mengatur asupan makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh, guna mencapai atau menjaga berat badan yang terkontrol.

Perlu diketahui, pengertian diet bagi setiap orang berbeda-beda, karena setiap orang memiliki tujuan masing-masing dalam melakukan diet.

Pada beberapa kasus, ada orang yang menjalani diet demi menjaga kesehatan tubuhnya, akan tetapi ada juga orang yang menjalankan diet karena menderita penyakit tertentu, dan ada juga mereka yang melakukan diet karena memang berat badannya sudah berlebihan.

2 dari 4 halaman

Diet OCD

Program diet banyak macamnya dan setiap orang belum tentu akan sama hasilnya dalam menerapkan program diet yang sama. Oleh karena itu, alangkah baiknya sebelum Anda melakukan diet, konsultasikan dulu dengan dokter atau ahli gizi.

Nah, pada tahun 2013 lalu, muncul diet baru yang muncul di Indonesia. Diet yang dipopulerkan oleh artis asal Indonesia bernama diet OCD. Merupakan akronim dari Obsessive Corbuzier’s Diet (OCD) yang dikenalkan dan dipopulerkan oleh mentalist ternama Indonesia, Deddy Corbuzier.

Sempat menuai kontra, namun nyatanya banyak yang turut mengikuti diet OCD dan memberikan testimoni yang positif terkait mengikuti program OCD ini.

Banyaknya testimoni atau keberhasilan yang diraih oleh para penganut diet OCD ini, serta bukti nyata dari seorang artis, membuat diet OCD ini menjadi terkenal. Deddy menuturkan bahwa diet OCD adalah sama saja dengan melaksanakan puasa. Perbedaannya adalah kalau puasa untuk menambah pahala, namun kalau diet OCD adalah untuk menurunkan berat badan.

Uniknya diet OCD adalah kebalikan dari diet pada umumnya. Kalau diet pada umumnya dikenal sebagai cara menurunkan berat badan dengan mengurangi jatah dan porsi makan, maka diet OCD adalah kebalikannya. Pada waktu tertentu, Anda diperbolehkan untuk makan sesuka hati, namun tetap dalam batas normal alias tidak gila makan.

Di dalam e-book yang menjelaskan tentang diet OCD adalah sebutan khas yang dipakai untuk melabeli penerapan diet OCD, yakni Jendela Makan. Merupakan istilah yang merujuk pada pengaturan waktu kapan Anda diperbolehkan makan, dalam jangka waktu tertentu.

Nah, daripada Anda bingung membayangkan seperti apa menjalankan diet OCD ini, Liputan6.com, Kamis (24/1/2019) akan menjelaskannya secara lengkap yang dirangkum dari beberapa sumber.

3 dari 4 halaman

Cara Menjalankan Diet OCD

1. Jendela Makan Pertama

Pada jendela makan yang pertama ini, Anda memiliki waktu makan selama 8 jam, kemudian dilanjutkan dengan berpuasa selama 16 jam. Contohnya seperti ini:

  • Anda mulai makan pukul 10 pagi, maka Anda tetap bisa memakan apapun selama 8 jam ke depan, lebih tepatnya hingga pukul 6 sore.
  • 16 jam selanjutnya, Anda diharuskan untuk berpuasa. Tapi tenang, Anda hanya perlu puasa makan. Anda masih bisa minum, namun hanya meminum air mineral saja, bukan minuman yang lain.

Tapi perlu diingat juga bahwa Anda bisa makan semau Anda namun masih dalam wajar, bukan gila makan.Jendela makan pertama ini dapat diterapkan sebagai cara diet OCD untuk pemula. Lakukan hingga tubuh beradaptasi baru kemudian naik pada tingkatan selanjutnya.

2. Jendela Makan Kedua

Jendela makan kedua ini tentu saja memiliki waktu yang berbeda. Pada tingkatan kedua diet OCD, Anda memiliki waktu bebas makan 6 jam dan 18 jam sisanya berpuasa.

  • Misal Anda mulai makan pukul 11 siang, maka waktu makan berakhir pada pukul 5 sore dan sisanya berpuasa.
  • Bagi Anda yang sudah terbiasa dengan jendela makan pertama dan merasa berat melakukan jendela makan kedua, Anda bisa mengombinasikannya.

Contoh, dalam seminggu Anda melakukan jendela makan pertama selama 6 hari, 1 hari sisanya melakukan jendela makan kedua. Terus lakukan peningkatan agar tubuh Anda dapat terbiasa dengan jendela makan kedua.

3. Jendela Makan Ketiga

Semakin meningkat, tentu waktu Anda untuk makan semakin terbatas. Level tiga dari diet OCD adalah hanya memperbolehkan Anda makan selama 4 jam saja dan 20 jam sisanya Anda harus berpuasa.

  • Misalkan Anda mulai makan pukul 11 siang, maka Anda hanya bisa makan hingga pukul 3 sore dilanjutkan dengan 20 jam berpuasa.
  • Anda masih belum kuat untuk mempraktekkannya? Anda bisa mengombinasikan dengan 2 tingkatan jendela makan sebelumnya. Anda bisa melakukannya bertingkat, misalnya: Senin hingga Kamis menerapkan jendela makan pertama, Jumat dan Sabtu menerapkan jendela makan kedua, pada hari Minggu menerapkan jendela makan ketiga.
  • Atau Anda bisa mengombinasikannya secara bergantian. Hari ini jendela makan pertama, besok jendela makan kedua, lusa jendela makan ketiga.
  • Jangan lupa untuk meningkatkan intensitas jendela makan ketiga agar tubuh Anda dapat terbiasa.

4. Jendela Makan Keempat

Jendela makan terakhir sekilas terdengar mengerikan, karena Anda harus berpuasa selama 24 jam. Berpuasa selama 24 jam, bukan berarti Anda tidak makan sama sekali. Namun hanya makan sekali dalam sehari, dan waktunya Anda yang menentukan. Misalnya, Anda makan pukul 11 siang, maka Anda bisa makan lagi pukul 11 siang keesokan harinya.

Terdengar ekstrem, tapi ingat, di jendela terakhir ini Anda juga bisa mengkombinasikannya dengan 3 tingkatan jendela makan lainnya.

4 dari 4 halaman

Tips Diet OCD

1. Menghindari Sarapan

Deddy berpendapat bahwa sarapan hanya menambah insulin yang membuat Anda mengantuk. Mulailah makan 3-4 jam setelah Anda terbangun dari tidur.

2. Tidak Makan Berlebihan

Bagi Anda yang pemula, jangan langsung memulai dengan level susah. Lakukan dulu secara bertahap. Mulai dari jendela pertama, hingga jendela akhir.

Mulai dengan melakukan jendela makan pertama selama 1 minggu, kemudian pada minggu berikutnya jika tubuh telah terbiasa atau beradaptasi tingkatkan pada jendela makan kedua. Jika berhasil, pada minggu ketiga mulai terapkan jendela makan ketiga. Nah, pada minggu ke empat bukan berarti Anda harus menerapkan jendela makan keempat setiap hari. Selingi jendela makan ketiga dengan jendela makan keempat.

3. Berolahraga Rutin

Tetap jaga diet OCD Anda dengan olahraga rutin. Lakukan saja olahraga yang ringan-ringan saja seperti jogging, sit-up, dan push-up.

Itu tadi penjelasan tentang diet OCD dengan langkah-langkah menjalankannya. Yang terpenting dari diet OCD adalah komitmen. Walaupun terkesan mudah, tapi tanpa komitmen yang tinggi, akan percuma. Oleh karena itu, demi kesuksesan diet OCD Anda, lakukan dengan komitmen dan dengan cara yang benar.