Sukses

6 Cara Menghaluskan Tangan yang Kasar Secara Alami dengan Bahan Dapur

Selain lebih murah, cara ini juga mudah dipraktikkan dan tanpa efek samping.

Liputan6.com, Jakarta Pergantian cuaca tak hanya membuat suhu menjadi berubah. Perubahan tersebut juga bisa berdampak pada kulit. Pasalnya, kulit sangat sensitif dengan pergantian cuaca.

Saat pergantian cuaca, kulit bisa bisa menjadi kering, bersisik, atau bahkan retak. Nah, salah satu bagian kulit yang cukup diabaikan dari masalah kekeringan ini adalah kulit pada bagian tangan. Apakah kulitmu termasuk yang mengalami masalah ini? Jika iya, berarti kamu membutuhkan pelembab untuk kulit.

Tangan kamu juga memerlukan pelembab atau masker khusus agar tidak kering atau bersisik. Selain perawatan di salon atau menggunakan produk kecantikan, kamu bisa merawat kulit tangan menggunakan bahan alami lho. Selain murah, cara ini juga mudah dipraktikkan karena menggunakan bahan yang ada di dapur.

Nah, berikut ini Liputan6.com rangkum dari Herbeauty, Jum’at (1/2/2019) cara membuat pelembab atau masker tangan menggunakan bahan-bahan dapur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Murah dan mudah dipraktikkan

1. Kentang

Banyak yang tak menyangka, kalau ternyata kentang dapat dijadikan masker tangan. Untuk membuat masker tangan ini, kamu cukup menyiapkan kentang dan susu.

Caranya, rebus kentang terlebih dahulu. Kemudian tumbuk kentang hingga halus. Setelah itu tambahkan susu secukupnya. Masker tangan kentang jadi deh. Setelah itu oleskan pada tangan, diamkan beberapa menit, kemudian bilas. Setelah itu bisa kamu lanjutkan dengan menggunakan krim tangan biasa.

2. Minyak

Cara menghaluskan kulit tangan lainnya adalah dengan menggunakan minyak. Kamu bisa menggunakan minyak seperti minyak alpukat, kelapa, zaitun, atau minyak almond. Caranya cukup mudah, cukup panaskan sedikit minyak favoritmu agar hangat. Kemudian gosokkan minyak tersebut pada tangan. Setelah itu diamkan saja dengan menggunakan sarung tangan semalaman. Di pagi hari, tangan kamu akan menjadi lembab.

3. Alpukat

Alpukat sudah lama dikenal sebagai bahan untuk merawat kecantikan. Buah berwarna hijau ini juga bisa digunakan sebagai bahan untuk menghaluskan kulit tangan lho.

Cukup siapkan satu buah alpukat, satu sendok makan minyak zaitun, dan dua sendok makan madu. Hancurkan alpukat yang dicampur dengan minyak zaitun dan madu. Setelah itu oleskan ke tangan kamu. Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa membungkus tangan dengan plastk dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat.

3 dari 3 halaman

Bahan yang bisa digunakan untuk menghaluskan tangan

4. Oats

Cara menghaluskan kulit tangan selanjutnya adalah menggunakan Oats. Membuat masker tangan dari oats ini juga cukup mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan dua sendok makan oats, satu sendok madu, dan dua sendok yogurt.

Kamu perlu menumbuk sedikit oats hingga halus. Setelah halus, tambahkan madu dan yogurt. Penggunaannya cukup dengan menggosokkannya ke tangan dan diamkan selama 20 menit. Setelah itu cuci bersih dan gunakan krim tangan biasa.

5. Wortel

Bahan ini cukup mudah ditemukan di dapur. Selain untuk dimasak, wortel juga bisa digunakan untuk menghaluskan tangan secara alami. Kamu hanya perlu menyiapkan satu buah wortel, satu sendok makan krim asam, dan satu sendok makan minyak zaitun. Caranya, parut wortel dan tambahkan minyak zaitun dank rim asam secara bersamaan.

Setelah itu aduk bahan-bahan tadi hingga rata. Masker tangan wortel ini bisa kamu taruh di tangan dan didiamkan selama 20 menit. Setelah itu cuci dengan air hangat. Nah, wortel yang kaya akan vitamin ini dapat membantu melembabkan kulit tanganmu yang kering.

6. Kuning Telur

Mungkin kamu terheran-heran dengan bahan masker tangan ini. Tapi siapa sangka, masker tangan dengan kuning telur ini dapat membantu masalah kulit kering mu, lho.

Kamu perlu menyiapkan satu kuning telur, satu sendok makan minyak zaitun, dan satu sendok sari lemon. Campurkan bahan-bahan tadi hingga nampak seperti krim. Kamu bisa menggunakan mixer sebagai alat bantu mencampurkannya.

Setelah berbentuk seperti krim, kamu bisa menggunakannya di tangan dan didiamkan hingga 15 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini