Sukses

Cuci Muka Pakai Sabun Mandi, Apa Efeknya?

Awas, ada risiko di balik kebiasaan mencuci muka menggunakan sabun mandi

Liputan6.com, Jakarta Kini sudah banyak pilihan sabun cuci muka di pasaran tapi masih ada yang memilih menggunkana sabun mandi juga untuk wajah. Tepatkah?

Hal ini tentu saja tidak ideal dan sebaiknya tidak dilakukan untuk wajah karena sejumlah masalah alergi dan iritasi yang mungkin bisa ditimbulkan.

"Kalau sabun mandi umumnya untuk kulit badan bukan wajah, karena kulit badan dan wajah kan beda tekstur dan ketebalannya," kata dokter spesialis kulit dan kelamin Departemen Ilmu Dermatologi dan Venereologi Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang, Herwinda Brahmanti.

"Bersih sih bisa, tapi bahaya iritasi dan alergi lebih besar karena kandungan bahan pembersih di sabun mandi pasti lebih besar dibanding sabun atau pembersih wajah," tandas Winda.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Membersihkan pakai air

Winda menyebut bahwa sebaiknya menggunakan pembersih yang tepat. Walau begitu Winda menyebut bahwa menggunakan air saja juga tak masalah. Namun, penting untuk melihat kondisi wajah kamu selama seharian tadi sebelumnya.

"Kalau air aja sih boleh. Tapi kalau pakai make up tebal atau habis kerja di tempat yang ekstrem kotornya, misal bangunan atau tambang ya kemungkinan nggak bisa bersih maksimal," jelasnya.

 

Penulis: Rizky Wahyu Permana/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini