Sukses

Syarat agar Tetap Langsing meski Tidak Berolahraga

Sekalipun tidak olahraga, perempuan tetap bisa langsing dan tak gemuk. Namun, harus melakukan hal ini.

Liputan6.com, Jakarta Dokter spesialis kedokteran olahraga dari Rumah Sakit Premier Bintaro, dr Hario Tilarso, mengatakan, seorang perempuan bisa saja terhindar dari kegemukan sekalipun dia tidak olahraga.

"Asal dalam satu hari, perempuan tersebut mengerjakan pekerjaan rumah tangga minimal 30 menit," kata Hario saat berbincang dengan Health Liputan6.com belum lama ini.

Hal itu seperti yang pernah dikatakan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Perempuan yang sehari-hari mampu mengerjakan pekerjaan rumah dan aktivitas fisik secara bersamaan cenderung tidak gemuk walau dia malas untuk olahraga.

"Selama 30 menit itu dia harus mengepel, naik turun tangga, menyapu di kebun, itu sudah cukup buat kita," kata Hario menjelaskan.

Hario berharap hal sederhana seperti ini banyak yang melakukannya. Jangan sudah malas berolahraga, malas juga untuk bergerak (melakukan aktivitas fisik).

"Disuruh olahraga enggak mau. Tapi enggak mau gerak," katanya.

"Boleh saja malas pergi ke gym, tapi setidaknya jangan malas gerak. Kalau ke gym saja malas, lari di jalan juga malas, ya susah," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangan Malas Olahraga

Olahraga pada dasarnya dianjurkan dilakukan sebanyak tiga kali dalam seminggu. Akan tetapi selama tujuh hari itu, kita harus tetap rajin bergerak. Bisa sekadar jalan kaki, naik turun tangga, atau bangkit dari kursi bila sudah satu jam bekerja.

"Aktivitas fisik adalah aktivitas yang membuat kita bergerak. Sementara olahraga, ada aturannya. Ada gerakan yang berulang-ulang yang mesti dilakukan," katanya.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.