Sukses

3 Tips Ajarkan Kesabaran pada Anak

Liputan6.com, Jakarta Salah satu hal yang bisa diajarkan pada anak sejak dini yakni kesabaran. Caranya bisa melalui tindakan yang dicontohkan orangtua seperti pengalaman Mommy Silvieana Susanti dari Babyologist berikut ini.

Memang benar ya Moms, bahwa baby belum bisa kita ajarkan sesuatu ketika dia belum bisa diajak berkomunikasi layaknya orang dewasa yang sudah lancar berbicara, tetapi kita bisa mengajarkan mereka melalui tindakan kita.

Contohnya ketika kita mengantre untuk membayar di kasir atau sedang mengantre di toilet. Kita bisa mulai mengajarkan arti dari kesabaran sejak dini ya Moms. Jangan menunggu lagi untuk menanamkan dan mengajarkan sesuatu yang baik kepada anak kita, karena itu yang akan menjadi bekal untuk masa depannya juga.

Nah, bagaimana jika anak susah untuk diajarkan menjadi sabar? Bagaimana jika anak selalu tantrum? Moms bisa mencoba beberapa tips berikut:

1. Ketika sedang mengantre, ajaklah si Kecil dan beri penjelasan apa yang sedang Moms lakukan, dan ketika sudah berhasil mencapai goal, ajak si Kecil bersorak karena sudah mendapatkan sesuatu dengan mengantre.

2. Apabila si Kecil tantrum, tenangkan diri Moms dulu, lalu tenangkan si Kecil dan setelah itu baru beri dia penjelasan dengan kasih sayang ya Moms.

3. Selalu biasakan si Kecil untuk berusaha dulu sebelum pada akhirnya mendapatkan sesuatu, bukannya selalu memberikan apa yang dia minta.

Semoga bermanfaat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini