Sukses

8 Macam-macam Penyakit Kulit Yang Berbahaya dan Biasa Menyerang Orang Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Penyakit kulit ini tak hanya jerawat saja lho. Di negara-negara tropis, terutama negara yang masih tergolong negara berkembang, penyakit kulit masih sangat umum ditemukan. Tak terkecuali di Indonesia, ada beberapa penyakit kulit yang masih menghantui masyarakatnya. Ada macam-macam penyakit kulit yang berbahaya biasanya disebabkan mulai oleh dari suhu, lingkungan, atau bahkan dari kebersihan diri sendiri.

Kulit merupakan organ penting karena bertugas untuk melindungi bagian dalam tubuh dari dunia luar seperti virus, bakteri, dan mengatur perubahan suhu. Masalah yang terjadi pada kulit ada yang ringan dan tidak membahayakan. Macam macam penyakit kulit yang berbahaya memiliki tanda-tanda diawali dengan timbul bengkak, gatal-gatal, kemerahan dan rasa terbakar hingga dapat mengancam nyawa.

Sebagai negara tropis Indonesia yang setiap tahunnya ada musim kemarau dan musim hujan yang menimbulkan macam macam penyakit kulit berbahaya. Cuaca yang panas dan kering dapat membuat kamu rentan terkena berbagai penyakit, termasuk penyakit kulit. Pada musim kemarau, suhu yang panas dan kelembaban yang tinggi membuat kulit lebih rentan terserang berbagai gangguan.

Tidak hanya musim kemarau saja, pada musim hujan juga sering menimbulkan macam macam penyakit kulit yang berbahaya. Kamu harus mengantisipasi beberapa penyakit kulit yang bisa menyerang tubuh saat hujan. Pada kasus penyakit kulit yang terjadi pada musim hujan, sebenarnya bukan karena air hujannya yang menjadi masalah, melainkan ada beberapa faktor lain.

Berikut telah kami rangkum 8 macam macam penyakit kulit yang berbahaya yang biasa menyerang orang Indonesia, Minggu (13/1/2019).

2 dari 9 halaman

1. Kanker Kulit

Macam macam penyakit kulit yang berbahaya pertama yaitu kanker kulit. Kanker kulit merupakan salah satu kondisi yang juga dapat timbul akibat paparan sinar matahari terhadap kulit yang tidak terlindungi dengan baik dalam jangka waktu lama. Ada beberapa jenis kanker kulit yang bisa terjadi dan bisa setiap saat menyerangmu di antaranya melanoma, karsinoma sel basal, dan karsinoma sel skuamosa. Ciri-ciri bagi kamu penderita yang biasa mengalami ini ditandai dengan adanya tahi lalat pada kulit yang mengalami perubahan warna, elevasi, bentuk, ukuran, dan lain-lain. Selain itu, adanya tahi lalat yang berdarah juga perlu diwaspadai.

3 dari 9 halaman

2. Sunburnt atau luka bakar

Macam macam penyakit kulit yang berbahaya yang kedua yaitu Sunburnt atau luka bakar. Hal ini terjadi akibat terekspos radiasi UV dari sinar matahari karena terlalu lama berjemur atau beraktivitas dibawah terik matahari. Biasanya akan ditandai dengan kemerahan pada kulit yang terkadang dapat disertai kulit yang gatal dan mengelupas. Jika kondisinya sudah berat atau parah akan terjadi luka pada kulit akibat sunburnt. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk digunakan minimal 20 menit sebelum melakukan aktivitas di bawah sinar matahari.

4 dari 9 halaman

3. Skabies atau kudis

Macam macam penyakit kulit yang berbahaya yang ketiga adalah kudis. Kudis adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh parasit tungau yakni sarcoptes scabiei var hominis. Orang yang terjangkit penyakit kulit kudis biasanya tinggal di tempat kumuh serta tidak melindungi kebersihan tubuhnya. Tanda-tanda kudis yaitu ada rasa gatal yang demikian hebat saat malam hari, terlebih di sela-sela jari kaki, tangan, di bawah ketiak, alat kelamin, pinggang dan sebagainya. Kudis amat mudah menular pada orang lain.

5 dari 9 halaman

4. Jamur

Macam macam penyakit kulit yang berbahaya yang keempat adalah Jamur. Jamur suka berkembang di tempat yang lembap. Ini biasanya muncul di kaus yang basah sehabis kena hujan atau terkena cipratan saat dalam perjalanan. Cirinya gatal-gatal. Gatalnya biasanya karena iritasi, lembab, atau karena ada infeksi jamurnya. Ini harus diperiksa. Kalau iritasi, tidak ada obat khusus, yang penting jaga kebersihannya dan jaga juga kesehatannya dengan pemakaian losion. Kalau ada jamur yang berarti harus pakai obat jamur. Tapi itu semua harus diperiksa ke dokter.

6 dari 9 halaman

5. Iritasi kulit dan infeksi bakteri

Macam macam penyakit kulit yang berbahaya yang kelima yaitu iritasi kulit dan infeksi bakteri. Iritasi kulit bisa terjadi saat udara lembab. Kaus yang basah karena terkena hujan, misalnya, dapat mengakibatkan iritasi kulit, apalagi jika bergesekan dengan kulit secara berlebih. Iritasi dan kulit yang dalam keadaan lembap berpotensi digaruk-garuk, dan itu nantinya bisa ditumpangi oleh infeksi bakteri. Lama-lama kulit terluar rusak karena digaruk, lalu nanti bisa ditumbuhi bakteri dan menjadi infeksi lanjutan.

7 dari 9 halaman

6. Melanoma

Macam macam penyakit kulit yang berbahaya yang keenam adalah Melenoma. Melanoma adalah kanker kulit berbahaya yang bisa mengakibatkan kematian bila tidak diobati. Melanoma amat berisiko bila tampak pada leher atau kulit kepala. Jenis penyakit kulit ini menunjukkan tanda berbahaya apabila tahi lalat yang ada pada kulit semakin membesar, mengalami perubahan warna, dan menunjukkan gejala peradangan.

8 dari 9 halaman

7. Psoriasis

Macam macam penyakit kulit yang berbahaya yang ketujuh ada namanya psoriasis. Psoriasis termasuk salah satu penyakit kulit yang sulit untuk didiagnosa. Bagian tubuh yang biasa terkena eksim biasanya sama dengan bagian tubuh yang terkena psoriasis. Kulit kepala, punggung sisi bawah, telapak tangan, serta telapak kaki adalah beberapa bagian tubuh yang rawan terkena psoriasis. Stres, trauma, serta tingkat kalsium yang rendah juga bisa mengakibatkan psoriasis. Meski pada awalnya luas permukaan kulit yang terkena kecil, psoriasis bisa semakin melebar jika tidak segera ditangani.

9 dari 9 halaman

8. Kurap

Macam macam penyakit kulit yang berbahaya terakhir adalah Kurap. Kurap disebabkan karena adanya jamur. Gejala yang mudah dikenali adalah timbul lingkaran-lingkaran yang bersisik, bercak putih, lembap, dan disertai rasa gatal. Jenis penyakit kulit ini timbul dikarenakan kurangnya menjaga kebersihan kulit. Bagian tubuh yang sering diserang kurap, yakni tengkuk, leher, serta kulit kepala.

Reporter: Heri Setiawan

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Kebijakan Ahok Benahi Jakarta, Gusur Lokalisasi hingga Gagas Karya Monumental
Artikel Selanjutnya
Minimal Lulusan SMP, Cek Info Lengkap Penerimaan TNI 2020