Sukses

Telinga Terus Berdenging dan Mimisan, Waspada Gejala Awal Kanker Nasofaring

Liputan6.com, Jakarta Jika telinga berdenging dan mimisan terus menerus terjadi walau sudah diobati ada baiknya menjalani pemeriksaan lanjutan. Menurut dokter spesialis telinga hidung tenggorokan (THT) Marlinda Adham dua kondisi itu merupakan termasuk gejala awal dari kanker nasofaring.

"Kalau sudah melakukan pengobatan 2-3 kali, tapi gejalanya masih menetap seperti telinga masih berdenging, mimisan makin banyak padahal tidak ada gejala infeksi hidung, itu harus segera dievaluasi," kata Marlinda dalam program video Dokter Bicara Kanker di Liputan6.com.

Evaluasi pada masalah tersebut bisa dilakukan dengan mendatangi dokter spesialis THT. Nanti akan dilakukan pemeriksaan lanjutan untuk mengetahui penyebab telinga terus berdenging dan tersumbat, mimisan, telinga terasa penuh.

 

2 dari 2 halaman

Nasofaring, area yang sulit

Daerah nasofaring itu terletak di hidung bagian terujung di atas rongga mulut. Area ini begitu tersembunyi sehingga sulit dievaluasi.

"Nasofaring letaknya tersembunyi, di balik rongga hidung dan tersembuni di atas rongga mulut," kata Marlinda.

Untuk melakukan tindakan evaluasi pada orang yang mengalami telinga berdenging, mimisan dan telinga terasa penuh dokter akan menggunakan bantuan alat.

"Dokter THT akan melihat dengan nasoendoskopi untuk meneropong ke daerah nasofaring. Untuk mengetahui ada atau tidak tumor di daerah nasofaring," kata Marlinda.

 

Saksikan video berikut

Polisi Menjaga Ketat LP Gunung Sindur

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Mimisan, Presenter TV Korsel Tetap Bawakan Acara Meski Darah Mengucur
Artikel Selanjutnya
Mimisan Saat Siaran Langsung, Penyiar Ini Tetap Selesaikan Tugasnya