Sukses

6 Makanan Pembersih Racun-Racun di Hati Secara Alami

Liputan6.com, Jakarta Hati merupakan organ yang berperan paling besar di dalam tubuh Anda. Hati dapat melakukan 500 proses yang menakjubkan dalam tubuh, termasuk produksi empedu, metabolisme lemak, penyimpanan vitamin dan mineral, dan penyaringan darah. Hati juga merupakan satu-satunya organ tubuh kita yang dapat berkembang lagi. 

Namun, Anda harus tetap waspada terhadap kerusakan hati. Menurut Dr Atika dari Klik Dokter, proses kerusakan hati bisa terjadi secara diam-diam dan tidak disadari. Karena itu, tidak salah bila penyakit hati-- terutama perlemakan hati –- juga bisa disebut sebagai penyakit mematikan

Oleh sebab itu kita harus dapat menjaga kesehatan hati, karena sumber kerusakan hati yang paling umum adalah penggunaan alkohol dan kelebihan lemak dalam makanan.

Untungnya, terdapat banyak pilihan makanan yang baik untuk tetap membuat hati kita tetap dalam keadaan yang baik dan sehat, ada beberapa makanan yang dapat secara alami membersihkan bagian hati Anda, seperti yang dikutip dari situs Manuka pada Minggu, 6 Januari 2018.

1. Bluberry

Bluberry merupakan salah satu dari buah-buahan yang mempunyai manfaat yang baik untuk hal apapun, terutama untuk hati Anda.

Blueberry mengandung antioksidan yang disebut anthocyanin yang memberikan warna biru yang khas, mampu menahan pertumbuhan sel kanker di hati. Hanya membutuhkan tiga sampai empat minggu untuk mengonsumsi blueberry sehari-hari, dan lihat perbedaannya.

 

2 dari 3 halaman

2. Jeruk Bali

Jeruk Bali mengandung banyak antioksidan kuat, yaitu naringenin dan naringin. Buah ini sangat baik untuk mengurangi peradangan dan melindungi sel. Jeruk bali juga dapat mengurangi risiko fibrosis hati, yang mana peradangan kronis menyebabkan jaringan ikat ekstra menumpuk di dalam dan sekitar hati, dengan secara bertahap kemampuannya menghambat untuk berfungsi.

3. Alpukat

Alpukat sangat enak walaupun rasanya yang sedikit pahit sebenarnya sangat sehat. Lemak baik yang ada dalam alpukat diperlukan bagi tubuh kita untuk menyimpan energi. Lemak yang baik memberikan isolasi terhadap perubahan suhu ekstrem dan melindungi organ vital kita.

Mereka juga berfungsi untuk membantu protein melakukan pekerjaan mereka.

Makanlah alpukat untuk mendapatkan banyak glutatin yang ramah untuk hati, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K. Nutrisi-nutrisi ini berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi sel-sel hati dari kerusakan.

Vitamin E dan K mencegah peradangan yang berbahaya. Studi terbaru juga menunjukkan bahwa ekstrak dari alpukat dapat membantu dalam pengobatan virus hepatitis dan memperlambat perkembangan kerusakan hati secara umum.

 

3 dari 3 halaman

4. Teh dan Kopi

Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa kopi tidak hanya menurunkan risiko berkembangnya sirosis hingga sekitar 44 persen, tetapi juga dapat membalikkan sebagian gelombang pada orang yang sudah menderita penyakit hati.

Lebih dari itu, kopi meningkatkan kadar antioksidan yang tersimpan, mengurangi peradangan, dan menurunkan risiko kanker hati seumur hidup Anda. Namun, tidak semua orang menyukai kopi, dan selain kopi teh juga baik untuk kesehatan hati Anda. Teh dapat meningkatkan kadar enzim hati dan mengurangi efek stres oksidatif serta simpanan lemak berbahaya.

5. Sayuran Hijau

Sayuran hijau berdaun dapat membantu menghilangkan ketegangan hati Anda dengan menggunakan kandungan klorofil yang tinggi untuk menetralkan logam, bahan kimia, dan pestisida yang masuk ke tubuh Anda melalui makanan dan lingkungan. Hal-hal seperti arugula, bayam, dan sawi putih sangat bagus untuk meningkatkan produksi empedu dan menghilangkan racun dalam tubuh.

Penulis : Annisa Rizky

Sandi Janji Atasi Utang Emak-Emak Rumah Tangga

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Berat Badan Tak Juga Naik, Ternyata Bayi Azka Kena Penyakit Hati Langka Atresia Billier
Artikel Selanjutnya
Kelola Emosi, Hati Pancarkan Energi yang Lebih Kuat Daripada Otak