Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

Verifikasi UmurStop Disini

Perempuan Harus Kencing Setelah Berhubungan Seks, Kenapa?

Liputan6.com, Jakarta Perempuan mungkin sering mendengar bahwa Anda harus buang air kecil setelah berhubungan seks. Menurut ahli, hal ini ternyata memiliki alasan dan manfaatnya sendiri.

Dikutip dari Insider pada Minggu (30/12/2018), profesor kebidanan dan ginekologi New York University Dr. Frederick Naftolin mengatakan, orang dengan vagina harus berhubungan seks untuk mengurangi risiko terkena infeksi. Ini karena mereka memiliki risiko yang lebih tinggi akibat dekatnya vagina dengan uretra dan anus.

Dalam hal ini, uretra lebih pendek daripada pria. Membuatnya jauh lebih mudah bagi bakteri untuk berpindah dari anus ke uretra dan kemudian ke kandung kemih.

"Ketika orang melakukan hubungan intim atau foreplay, gesekan di sekitar uretra memanaskannya dan itu mulai mengeluarkan pelumas serta cairan sebagai respon. Cairan itu kemudian menjadi saluran yang baik untuk bakteri naik ke sana," kata Naftolin.

Sehingga, dengan buang air kecil setelah berhubungan seks membuat bakteri tersiram keluar, sebelum mencapai kandung kemih. 

 

Simak juga video menarik berikut ini:

 

2 dari 2 halaman

Tidak hanya wanita

Tidak kencing setelah berhubungan seks menurut Naftolin menyebabkan seseorang rentan terkena infeksi saluran kemih. Ini karena E.coli berpindah dari rektum ke kandung kemih melalui uretra.

Namun, tidak hanya untuk perempuan saja. Bagi pria, hal ini bisa menyebabkan infeksi prostat. Terutama akibat melakukan seks anal. Di mana penis berada dalam kontak yang konstan dan dekat dengan anus.

Walaupun begitu, Anda tidak harus terburu-buru ke kamar mandi setelah berhubungan seks. Tidak ada aturan konkrit berapa lama harus kencing setelah bercinta. Namun, lebih cepat lebih baik.

"Ini bukan masalah banyaknya bakteri, tapi ini adalah masalah memiliki tabung pendek antara bagian luar dan kandung kemih, sehingga tidak perlu terlalu banyak waktu untuk naik ke kandung kemih," tambah Naftolin.

Pulang ke Rumah, Ini Sarapan Titi Wati

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
6 Alasan Kurang Tidur Bikin Kehidupan Seks Mengendur
Artikel Selanjutnya
Bahaya Terlalu Sering Masturbasi di Usia 30